liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Indramayu

Baju adat Indramayu merupakan salah satu baju adat yang berasal dari daerah Jawa Barat. Baju ini terkenal dengan warna hitam dan berbagai warna pastel. Baju ini terdiri dari blus berlengan panjang, rok panjang, dan kain sarung. Blus ini memiliki kerah berbentuk V dan sering dihiasi dengan aplikasi motif songket. Roknya dihiasi dengan pola ukiran dan aplikasi tali. Pada bagian dada, biasanya terdapat aplikasi renda dengan motif bunga yang menghiasi blus. Terdapat juga aplikasi motif kupu-kupu pada bagian bawah kain sarung.

Adat istiadat yang berkaitan dengan baju adat Indramayu adalah pakem sebagai simbol kehormatan. Hal ini ditunjukkan ketika orang yang berbaju adat Indramayu berjabat tangan dengan orang lain. Pakem ini dilakukan dengan mengucapkan salam dan menyalami dengan kedua tangan. Pakem ini juga dapat ditunjukkan dengan cara menundukkan kepala dan mengucapkan salam.

Daftar pakaian adat lengkap Indonesia memiliki sebanyak tiga puluh empat pakaian adat. Jumlah ini sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Mengutip buku perihal Baju Adat Indramayu karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional tempat yaitu salah satu unsur kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang pantas dengan pesan-pesan poin adat istiadat yang ada di dalamnya. Kecuali itu, berhubungan secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Indramayu masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap-tiap tempat di Indonesi?. Tiap-tiap wilayah di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari tradisi sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Indramayu, baju adat ntt wanita ay aay persitkckpusat nusa tenggara timur salah satu

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di beberapa daerah (Baju Adat Indramayu) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat merupakan baju diciptakan sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Indramayu?

Bukan hanya di Indonesia, setiap negara di semua dunia juga memiliki Baju Adat Indramayu masing-masing mewakili kelompok masyarakat mereka. Karena pakaian adat ialah pakaian yang diciptakan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Tiap Baju Adat Indramayu biasanya terdiri dari sebagian bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini yakni bagian komponen lazimnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan yakni komponen inti yang senantiasa ada, pembuatannya cocok sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti seumpama pakaian seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif pantas dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan adalah pasangan dari atasan yang juga merupakan bagian penting. Modelnya juga bisa bervariasi, umpamanya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Komponen berikutnya adalah penutup kepala, contohnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplementer selanjutnya yakni kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap daerah memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga bisa berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang lazimnya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya ditemui pada pakaian khas wanita yaitu gelang, kaling, cincin dan juga anting. Walaupun alas kaki menjadi komponen komplemen komponen bawah, modelnya bermacam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Indramayu

pin oleh hub hp wa sewa baju adat sewa baju adat ntt manggarai menggambar pakaian 312 x 640 · jpeg pin oleh hub hp wa sewa baju adat sewa baju adat ntt manggarai menggambar pakaian from id.pinterest.com
trend terbaru model baju adat maumere smart mommy 194 x 194 · jpeg trend terbaru model baju adat maumere smart mommy from iamasmartmommy.blogspot.com

sewa busana betawi dot ph sewa baju 1066 x 1600 · jpeg sewa busana betawi dot ph sewa baju from sewabusanabetawi.blogspot.com
ridwan kamil ungkap makna baju adat dipakai jokowi netizen bapak presiden segala 750 x 500 · jpeg ridwan kamil ungkap makna baju adat dipakai jokowi netizen bapak presiden segala from portaljember.pikiran-rakyat.com

penyewaan baju adat bugis makassar penjualan baju adat lainnya 900 x 1600 · jpeg penyewaan baju adat bugis makassar penjualan baju adat lainnya from penyewaan-bajumakassar.blogspot.com
pakaian adat oku timur baju adat tradisional 780 x 440 · jpeg pakaian adat oku timur baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

nama pakaian daerah suku batak greatnesia 900 x 1145 · jpeg nama pakaian daerah suku batak greatnesia from greatnesia.id
ide baju adat ntt kupang pakaian pengantin pria pose prewedding 236 x 329 · jpeg ide baju adat ntt kupang pakaian pengantin pria pose prewedding from id.pinterest.com

puteri indonesia prewed kenakan baju adat kajang bulukumba alasannya makassar terkini 853 x 905 · jpeg puteri indonesia prewed kenakan baju adat kajang bulukumba alasannya makassar terkini from makassar.terkini.id
baju adat ntt wanita ay aay persitkckpusat nusa tenggara timur salah satu 474 x 590 · jpeg baju adat ntt wanita ay aay persitkckpusat nusa tenggara timur salah satu from myconfidentpictures.blogspot.com

fashion pakaian adat nusantara 250 x 470 · jpeg fashion pakaian adat nusantara from nathxsya.blogspot.com
mega indrawati sarumaha pakaian adat perempuan nias selatan semoga bermanfaat 1600 x 1200 · jpeg mega indrawati sarumaha pakaian adat perempuan nias selatan semoga bermanfaat from megasarumaha.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat ialah tanggung jawab segala masyarakat. Salah satu format melestarikannya yakni memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi baju adat yaitu untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menunjukkan atau mempertimbangkan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap tempat, Kids. Pakaian adat memiliki fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Label Tiap-tiap Daerah

Baju adat yang berbeda-beda ini yakni suatu ciri tiap-tiap tempat. Teman-teman bisa mengenali kebudayaan suatu tempat melalui Baju Adat Indramayu yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan label masyarakat Jawa. Meskipun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai ciri tiap-tiap daerah, baju adat ini juga banyak diaplikasikan pada berjenis-jenis acara kebudayaan. Tiap perayaan hari besar di tiap tempat akan memakai pakaian adat.

Baju Adat Indramayu ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, semua perempuan akan memakai kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Indramayu juga tak jarang diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan pakaian adat dengan beragam dekorasinya.

Bahkan pada sebagian tempat, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang melingkarkan hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu malah penuh ukiran yang cantik.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Hingga sekarang di sebagian tempat pakaian adat memiliki pelbagai fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, ialah beberapa pakaian adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Indramayu

Membuat karangan dalam bahasa Jepang tentang acara perayaan adat atau

Pertanyaan: Membuat karangan dalam bahasa Jepang tentang acara perayaan adat atau tradisi di Indramayu

Jawaban:

かあなまかたさたはたはたなたなたなたなたなたなはたはたはたさたはたはたはたはたたさはたはたはたはたはたはたさたはさたはあはあなやかたやなああはかたたはさかあさはやわはさかたなはなはなたかさはやあかささまなやあはさなやさかあはなたなあななたさあさなははやかさなかなやなやはなさたまらたななたまやたはたさはな

Penjelasan:

apa tarian adat subang indramayu tasikmalaya

Pertanyaan: apa tarian adat subang indramayu tasikmalaya

Mungkin Tari Topeng, soalnya tari topeng khas Jawa barat

munkin tari jaipong….

Membuat karangan dalam bahasa Jepang tentang acara perayaan adat atau

Pertanyaan: Membuat karangan dalam bahasa Jepang tentang acara perayaan adat atau tradisi di Indramayu

Jawaban:

かあなまかたさたはたはたなたなたなたなたなたなはたはたはたさたはたはたはたはたたさはたはたはたはたはたはたさたはさたはあはあなやかたやなああはかたたはさかあさはやわはさかたなはなはなたかさはやあかささまなやあはさなやさかあはなたなあななたさあさなははやかさなかなやなやはなさたまらたななたまやたはたさはな

pakain adat suku Indramayu​

Pertanyaan: pakain adat suku Indramayu​

Jawaban:

Pakaian adat Indramayu berupa beskap hitam

apa nama rumah adat indramayu???​

Pertanyaan: apa nama rumah adat indramayu???​

Jawaban:Tapi tidak dengan rumah-rumah di Desa Totoran, Kecamatan Pasekan, Indramayu, Jawa Barat ini. Rumah adat di kawasan ini dikenal dengan nama Rumah Rangken atau Rumah Atep. Rumah Rangken terbuat dari bambu dengan atap daun nipah berbentuk limas.

 

penjelasan nya udh ada ya

Jawaban:

dikenal dengan nama Rumah Rangken atau Rumah Atep. Rumah Rangken terbuat dari bambu dengan atap daun nipah berbentuk limas.

Jelaskan tujuan dilaksanakannya upacara adat rambu Solo yang berasal dari

Pertanyaan: Jelaskan tujuan dilaksanakannya upacara adat rambu Solo yang berasal dari daerah Sulawesi yang hampir sama dengan acara adat munjungan di daerah Indramayu,jelaskan kakak-kakak☺​

Jawaban:

menurut kepercayaan masyarakat Toraja,  upacara pemakaman ini kadang-kadang baru digelar setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun sejak kematian yang bersangkutan, dengan tujuan agar keluarga yang ditinggalkan dapat mengumpulkan cukup uang untuk menutupi biaya pemakaman. Suku Toraja percaya bahwa kematian bukanlah sesuatu yang datang dengan tiba-tiba tetapi merupakan sebuah proses yang bertahap menuju Puya (dunia arwah, atau akhirat). Dalam masa penungguan itu, jenazah dibungkus dengan beberapa helai kain dan disimpan di bawah tongkonan. Arwah orang mati dipercaya tetap tinggal di desa sampai upacara pemakaman selesai, setelah itu arwah akan melakukan perjalanan ke Puya.

adat istiadat kota indramayu​

Pertanyaan: adat istiadat kota indramayu​

Jawaban:

salah satunya adalah Mapag Tamba – Upacara untuk mengusir penyakit (hama) saat bertani

Jawaban:

  • SALAH SATUNYA ADALAH… •

Merayakan khitanan Dengan Cara mengiring menggunakan depok( BARONGAN) dan hiburan lainya

kenalin asal INDRAMAYU (JAWA BARAT)

bahasa indramayuapa bahasa indramayunya panjenengan​

Pertanyaan: bahasa indramayu

apa bahasa indramayunya panjenengan​

Jawaban:

bahasa indramayu nya Panjenengan yaitu Anda

Penjelasan:

maaf kalo salah

semoga bermanfaat jangan lupa follow akun aku dan jadikan jawaban yang terbaik yaa

Jawaban:

kamu

maaf kalau salah ya

bahasa indramayu apa bahasa indramayunya merah​

Pertanyaan: bahasa indramayu
apa bahasa indramayunya merah​

Jawaban:

Abang (N), Abrit (K)

Penjelasan:

N: bahasa ngoko / kasar

K: bahasa krama / halus

Jadiin jawaban terbaik ya 🙂

apa adat istiadat Kota Indramayu​

Pertanyaan: apa adat istiadat Kota Indramayu​

Jawaban:

Adapun kebudayaan Indramayu tersebut dapat dilihat sebagai berikut yang telah saya urutkan berdasarkan huruf alfabet: (klik judul untuk membuka tulisan)

Jaringan – Cari pasangan hidup

Jaringan merupakan sebuah upacara yang dilakukan oleh kaum remaja yang bertujuan untuk mencari pasangan hidup yang dilaksanakn pada malam bulan purnama. kegiatan ini bertempat di desa parean Kecamatan kandang haur.

Uniknya, terdapat sebuah pasar teletak di Desa Lebak, Kecamatan Kandang Haur yang bernama Pasar Jodoh. Sebenarnya nama aslinya pasar parean namun kini telah berganti menjadi pasar jodoh sejak bermula dari tradisi warga Desa Parean Girang yang berada di seberang pasar. Lantaran tak ada hiburan, saban malam minggu muda-mudi di sana kerap keluar untuk sekadar melihat hiburan.

Dalam menjalankan tradisi adat jaringan, para pria mengenakan kain sarung dan wanita memakai kain rajutan sebagai daya tarik.

Salah satu versi asal mula jeringan sendiri dikaitkan dengan kebiasaan para nelayan yang tidak melaut pada bulan terang datang, ini diyakini karena waktu terang bulan ikan-ikan di laut berdiam di dasar laut sehingga sulit ditangkap. Oleh karena itu, para nelayan berkumpul di pasar jodoh ini untuk menemukan pasangan hidup mereka.

Mapag Tamba – Upacara untuk mengusir penyakit (hama) saat bertani

Dengan membawa air suci yang telah didoakan ke dalam bungbung bambu, para petani menyiramkan air ke perbatasan sawah-sawah ke seluruh desa. Dalam menggelar adat Mapag Tamba yang merupakan sebuah upacara dilaksanakan pada masa tanam padi dengan tujuan untuk mengusir segala penyakit (hama) yang dapat merusak tanaman padi.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan bahwa persediaan Mapag Tamba ini disedikan oleh masyarakat sekitar yang memiliki persawahan dan para pertugas desalah yang berjalan mengelilingi persawahan yang hampir sekitar 2 kilo.

Adat ini sendiri sudah ada sejak dulu yang turun temurun dilanjutkan hingga saat ini dengan harapan para masyarakat tertama kaum muda dapat melanjutkannya.

Mapag Sri – Pagelaran seni wayang kulit

Mapag Sri merupakan upacara yang dilaksanakn dengan tujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta atas tibanaya masa panen, dengan cara melaksanakan pergelaran kesenian wayang kulit sehari semalam dengan lakon khusus dan biasanya dilaksanakan di balai desa.

Secara teknis, Mapag Sri tidak dilakukan setiap tahun walaun masa panen secara berlaka dilakukan. Ini terjadi akibat faktor keamanan, dan faktor buruknya hasil panen sehingga upacara ini tidak dapat dilaksanakan.

Bila melihat dari urut-urutan upacara dalam lingkaran pertanian, upacara awalnya sebenarnya adalah Sedekah Bumi, lalu dikuti o;eh upacara Baritan, dan barulah terakhir upacara Mapag Sri. Panitia untuk upacara Mapag Sri biasanya dibentuk pada saat pembubaran panitian upacara Baritan. Bisa juga panitian Upacara Baritan dikukuhkan kembali untuk menjadi panitian upacara Mapag Sri.

Nadran – Tradisi nelayan atas rasa syukur hasil tangkap ikan

Nadran merupakan sebuah cerminan dari sebuah hubungan manusia dengan sang pencipta dengan berupa ungkapan rasa sukur akan hasil tangkapan ikan dan mengharapkan akan meningkatnya hasil di masa mendatang serta dijauhkan dari bencana dan mara bahaya dalam mencari nafkah di laut. Umumnya nadran diselenggarakan antara bulan Oktober sampai Desember di daerah Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, Bugel dan Ujung Gebang.

Nadran sebenarnya merupakan suatu tradisi hasil akulturasi budaya Islam dan Hindu yang diwariskan sejak ratusan tahun secara turun-temurun. Kata nadran sendiri, menurut sebagian masyarakat, berasal dari kata nazar yang mempunyai makna dalam agama Islam: pemenuhan janji.

Adapun inti upacara nadran adalah mempersembahkan sesajen (yang merupakan ritual dalam agama Hindu untuk menghormati roh leluhurnya) kepada penguasa laut agar diberi limpahan hasil laut, sekaligus merupakan ritual tolak bala (keselamatan).

Ngarot – Upacara adat agar hasil pertanian berlimpah

Ngarot sudah ada sejak abad 16 dan sampai sekarang masih di selenggarakan, terutama oleh masyarakat desa di Kecamatan Lelea setiap menjelang penggarapan sawah. Upacara dilaksanakan agar mendapatkan hasil pertanian yang melimpah dan upacara adat ini dilaksanakan setiap hari rabu, minggu keempat bulan November dimana pesertanya adalah para muda- mudi dengan kostum y ang khas dan aksesoris yang gemerlap.

Bobotan adalah upacara tradisional yang biasa dilaksanakan masyarakat Kabupaten Indramayu sekitar tahun 1960-1980.

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Indramayu, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti Membuat karangan dalam, adat istiadat kota, Jelaskan tujuan dilaksanakannya, apa adat istiadat, dan Membuat karangan dalam.

Check Also

Baju Adat Bungo

Baju Adat Bungo – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah …