liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

#Gaya Bahasa Kaili Unde Dialek

#Gaya Bahasa Kaili Unde Dialek. Di era yang semakin maju seperti sekarang ini, kita bisa mempelajari berbagai bahasa daerah dengan sangat mudah dari mana saja. Kata ledo ini berarti tidak.

Daftar Pustaka Bahasa Daerah LOBO
Daftar Pustaka Bahasa Daerah LOBO from lobo.apps01.yorku.ca

Bahasa kaili merupakan bahasa yang bertanah asal di kabupaten donggala, parigi, dan kota palu, provinsi sulawesi tengah. However younger people have less understanding of which there are about 80%. Bahasa kaili dialek ende misalnya, dahulu pernah digunakan di daerah pewunu, kec.

Bahasa Ini Terdiri Dari Beberapa Sub Bahasa Contoh:

Uniknya, di antara kampung yang hanya berjarak 2 km kita bisa menemukan bahasa yg berbeda satu dengan lainnya. Melalui media, buku maupun internet, kita bisa dengan mudah mempelajarinya dengan baik. Artikel bertopik bahasa ini adalah sebuah rintisan.

Dari Wikibuku Bahasa Indonesia, Sumber Buku Teks Bebas.

Kamus bahasa kaili satu = sangu dua = randua tiga = tatalu empat = ampa lima = alima enam = ono tujuh = papitu delapan = uwalu sembilan = sasio sepuluh = sapulu kepala = balengga badan = karo tangan = pale kaki = kada telinga = talinga mulut = sumba hidung = onge mata = mata pantat = palo rambut = bulua minum = manginu Loncat ke navigasi loncat ke pencarian. Kayeli, leliali (liliali), lumaete (lumaiti, mumaite, lumara).

Kata Ledo Ini Berarti Tidak.

Bahasa ini terdiri dari beberapa sub bahasa contoh: Kata ledo ini berarti tidak. Wilayah penelitian untuk dialek unde ini adalah desa loli tasiburi kecamatan banawa kabupaten donggala yang berjarak sekitar 25 kilometer dari kota palu.

Kaili Ring (= Unde, Ndepuu, Rai, Tara, Ta’a, Doi, Ledo) Sigi Ring (= Ado, Edo, Ija, Taa) Barr And Barr 1979 Barr And Barr Recognized One Language With Six Dialects (They Also Included Kulawi As A Seventh Dialect, But Left Ende And Tado Out Of Consideration Since Those Varieties Are Not Spoken In Central Sulawesi).

Uniknya, di antara kampung yang hanya berjarak 2 km kita bisa menemukan bahasa yang berbeda satu dengan lainnya. Ada 13 lugat dalam bahasa kaili: Mengidentifikasi bahasa kaili dengan nama bahasa kaili da’a memiliki dua dialek, bahasa kaili ledo memiliki sebelas dialek, dan bahasa kaili unde tidak memiliki dialek.

Bahasa Kaili Terdiri Dari Beberapa Bahasa Atau Dialek, Dan Yang Paling Terkenal Adalah Bahasa Ledo.

Namun, suku kaili memiliki lingua franca, yang dikenal sebagai bahasa ledo. Pembagian dialek ini berdasarkan pengelompokan suku kaili menjadi tujuh wilayah subetnis. Bahasa ini memiliki jumlah penutur sekitar 27.000 orang dari suku kaili.

Check Also

#Gaya Kamus Bahasa Kaili Dan Artinya @Kamus Elektronik

#Gaya Kamus Bahasa Kaili Dan Artinya @Kamus Elektronik. Walau demikian, bahasa jawa juga dituturkan oleh …