Ensiklopedia Bahasa Kaili Tara Kamus Visual

 

Ensiklopedia Bahasa Kaili Tara Kamus Visual. Melalui media, buku maupun internet, kita bisa dengan mudah mempelajarinya dengan baik. Loncat ke navigasi loncat ke pencarian.

Ngapa Vatutela Di Antara Tahura dan Tambang Yayasan
Ngapa Vatutela Di Antara Tahura dan Tambang Yayasan from www.ymp.or.id

Ada 13 lugat dalam bahasa kaili: Pembagian dialek ini berdasarkan pengelompokan suku kaili menjadi tujuh wilayah subetnis. Suku kaili mendiami wilayah kabupaten donggala,kota palu,kabupaten parimo,pesisir pantai kabupaten poso dan kabupaten touna di provinsi sulawesi tengah.

Kaili Rai Di Sindue Tobata Tokaili Jika Di Artikan Dalam Bahasa Indonesia Berarti Orang Kaili, Bermacam Bahasa Terhimpun Didalamnya, Antara Lain, Ledo, Rai, Unde, Tara, Da’a, Doi, Dan Masih Banyak Lagi, Dalam Penelitian Telah Di Invertarisasi Jumlah Bahasa Kaili Berjumlah 22 Bahasa.

 

Katalog induk perpustakaan kemdikbudristek menu. Penggunaan kata sapaan bahasa kaili dialek tara di. Tetapi tetap bahasa kaili namnya.

Dialék Utama Wan Ragam Nang Paling Terkenal Adalah Dialék Ledo Nang Dipandérakan Di Ibukota Palu.

 

Ledo, taje, rai, daa (da’a), tara, unde, unde kabonga, kori, njedu, dan pendau merupakan dialek yang berbeda dari bahasa yang sama karena penghitungan dialektometri menunjukkan adanya perbedaan yang berkisar antara 51%—75%. Syarat berupa suatu pengandaian / asumsi jika suatu hal terjadi 2. Hukum dan sanksi adat aplikasinya berorientasi pada ketetapan givu bagi masyarakat kaili.

Bahasa Kaili Mempunyai Dialek Sub Suku Yang Beraneka Ragam,Seperti Ledo,Tara,Unde,Doi,Rai,Da’a,Dll.yang Semua Artinya Apabaila Di Bahasa Indonesiakan.

 

Dari wikibuku bahasa indonesia, sumber buku teks bebas. Melalui media, buku maupun internet, kita bisa dengan mudah mempelajarinya dengan baik. Sedangkan bahasa kaili rai ini ada beberapa.

Ada 13 Lugat Dalam Bahasa Kaili:

 

Namun, suku kaili memiliki lingua franca, yang dikenal sebagai bahasa ledo. Sesi kedua pada pukul 13.00 dilanjutkan pemaparan hasil penyusunan dan inventarisasi kosakata kemaritiman bahasa kaili dialek tara oleh pembicara, syahari ayu bachtiar, s.s. Uniknya, di antara kampung yang hanya berjarak 2 km kita bisa menemukan bahasa yang berbeda satu dengan lainnya.

Bagaimana Dengan Bahasa Kaili???Bahasa Kaili Mungkin Salah Satu Bahasa Daerah Yang Mempunyai Paling Banyak Ragam Jenis Nya, Sebut Saja Kaili Ledo, Kaili Tara, Kaili Rai, Kaili Unde, Kaili Da’a, Kaili Ado, Kaili Edo, Kaili Moma, Kaili Bare’e, Kaili Ija, Dan Masih Banyak Lagi (Mungkin Mencapai 23 Jenis).

 

Syarat berupa suatu hal yang pasti terjadi, yang diikuti suatu keinginan, ajakan, atau perintah 3. Sofyan mengatakan bahasa kaili terdiri atas dialek ledo, ija, ado, unde, rai, da’a, tara, kulavi lindu dan tabaelia. Desa tinggede, kecamatan marawola dan desa sibalaya.

Check Also

Cara! Bahasa Kaili Ledo Dan Artinya Lidah

Cara! Bahasa Kaili Ledo Dan Artinya Lidah. Seperti kamus lainnya anda dapat melakukan download kamus …