liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Kamus Baku Bahasa Kaili Palu Ngataku Kamus Ekabahasa

Kamus Baku Bahasa Kaili Palu Ngataku Kamus Ekabahasa. Lagu ini menceritakan mengenai keindahan kota palu dalam segala hal. Sofyan mengatakan bahasa kaili terdiri atas dialek ledo, ija, ado, unde, rai, da’a, tara, kulavi lindu dan tabaelia.

Buku Teks Mulok Bahasa Kaili Freddy Zainal Abidin
Buku Teks Mulok Bahasa Kaili Freddy Zainal Abidin from vitabrina.blogspot.com

Judul lagu dan nama penyanyi kalau ada disertakan, kalo tidak ada tulis unknown. Torilino = orang di bumi. To lindu, merupakan sub kultur atau sub etnik kaili.

Dako Ringgauluna Nato Lelemo Sangana.

Mata pimpong, mata lelaki 27. Secara etimologi “balia” berasal dari bahasa kaili “nabali ia” artinya “berubah ia”. Tidak semua bahasa daerah merupakan kesatuan yang utuh sebab ada yang terbagi ke dalam beberapa dialek.

Judul Lagu Dan Nama Penyanyi Kalau Ada Disertakan, Kalo Tidak Ada Tulis Unknown.

Tapi paling tidak berdasarkan pengalaman, penulis dapat mengungkapkan bahwa bahasa kaili yang menjadi bahasa dimasyarakat ini sangatlah unik dan banyak ragamnya. Lagu ini di ciptakan oleh hasan bahasyuan dan menggambarkan tentang tanah kaili. Jika anda ingin tahu arti lagu ini silakan buka postingan yang berjudul arti lagu palu ngataku.

Lagu Yang Diciptakan Oleh Hasan Bahasyuan Ini Menggambarkan Tentang Tanah Kaili.

Ponturo ntuamaku, ante tinaku ante sararaku. Tilu = lipat konjobaka = mundurkan ono sambaa = 61 maipia manjili = kapan kembali ongko = ujung / angka bulava =. Gejala ini ditemukan dalam bahasa kaili, kata peneliti bahasa kaili, sofyan ing huong dalam kongres bahasa kaili di palu.

Selain Itu Ada Audio / Video Untuk Mendengar Melodi Lagunya.

Semboyan ini merupakan petuah bagi seluruh masyarakat kota palu, yang diikrarkan bersama dengan pemerintah kota palu pada tanggal 7 juni 2007 dengan melibatkan berbagai stake. Misalnya bahasa kaili ledo oleh masyarakat palu, kaili edo bagi masyarakat watunonju , kaili inja bagi masyarakat bora , kaili tara untuk masyarakat lasoani, kaili ija untuk masyarakat lambara, kaili ado untuk. Perubahan yang dimaksud dalam pengertian ini adalah ketika seseorang pelaku balia telah dimasuki oleh roh halus, maka segala perilaku, gerak, perbuatan, cara berbicara sampai pada cara berpakaian orang tersebut akan berubah.

Isi Content Merupakan Share Lagu Daerah Yang Masih Berhubungan Dengan Sulawesi Tengah 2.

1) to palu, 2) to biromaru, 3) to dolo, 4) to sigi, 5. Bagi seorang yang lahir di palu tapi kemudian pergi merantau, maka lagu ini dijadikan perwakilan akan kerinduan mereka terhadap tanah kelahiran mereka. Palu ngataku, ponturo ntupuku, sampe nomakumpu, ponturo ntuamaku, ante tinaku, ante sararaku… dako ringgauluna nato lelemo sangana, nadea haselena, nagataku nasugi, ngataku nagaya,

Check Also

#Gaya Kamus Bahasa Kaili Dan Artinya @Kamus Elektronik

#Gaya Kamus Bahasa Kaili Dan Artinya @Kamus Elektronik. Walau demikian, bahasa jawa juga dituturkan oleh …