liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Kamus Baku Bahasa Kaili Ledo Bausastra

Kamus Baku Bahasa Kaili Ledo Bausastra. Artikel bertopik bahasa ini adalah sebuah rintisan. Mamala klik ri tambena ri hubungi bo rapakatu tevai ka kami.

Buku Teks Mulok Bahasa Kaili Freddy Zainal Abidin
Buku Teks Mulok Bahasa Kaili Freddy Zainal Abidin from vitabrina.blogspot.com

Namun demikian, suku kaili memiliki lingua franca, yang dikenal sebagai bahasa ledo. Bahasa ledo yang asli (belum dipengaruhi bahasa para pendatang) masih ditemukan di sekitar raranggonau dan tompu. Bahasa kaili merupakan bahasa yang bertanah asal di kabupaten donggala, parigi, dan kota palu, provinsi sulawesi tengah.

Bahasa Ini Terdiri Dari Beberapa Sub Bahasa Contoh:

Boo pombasa ntoposikola ri tana kaili. Namun, suku kaili memiliki lingua franca, yang dikenal sebagai bahasa ledo. Kata “ledo” ini berarti “tidak”.

Dari Analisis Vokal Bahasa Suku Kaili Dialek Ledo Dapat Disimpukan Bahwa Pada System Fonem Bahasa Kaili Dialek Ledo Terdiri Atas 5 Buah Fonem Vokal :

Kata ledo ini berarti tidak. Kaili with all of its dialects is one of the largest languages in sulawesi. Bahasa kaili terdiri dari beberapa bahasa atau dialek, dan yang paling terkenal adalah bahasa ledo.

Pembagian Dialek Ini Berdasarkan Pengelompokan Suku Kaili Menjadi Tujuh Wilayah Subetnis.

Nuapa = apa kareba = kabar berimba = bagaimana hau = kesana ; Uniknya, di antara kampung yang hanya berjarak 2 km kita bisa menemukan bahasa yang berbeda satu dengan lainnya. Kosa kata dan penggunaannya dalam kalimat untuk langgam bahasa kaili ledo kosa kata :

Bahasa Kaili Terdiri Dari Beberapa Dialek Dan Tiap Dialek Ada Beberapa Variasi.

Bahasa ledo yang asli (belum dipengaruhi bahasa para pendatang) masih ditemukan di sekitar raranggonau dan tompu. Dopa naupu, jadi ane naria anu rapakabelo, bara kata ratambai, tulungi bo uli ka kami. Kata “ledo” ini berarti “tidak”.

These Languages Are Spoken In Central Sulawesi ( Indonesia ).

Sil (2006) mengidentifikasi bahasa itu dengan nama bahasa kaili da’a, bahasa kaili ledo, dan bahasa kaili unde. Bahasa kaili dialek ledo bersifat vokalik artinya bahwa setiap katanya berakhir dengan fonem vokal. Ke ali = beli ;

Check Also

Cara! Translate Bahasa Kaili #Istilah

Cara! Translate Bahasa Kaili #Istilah. The predictor's™ kamus bahasa kaili satu = sangu dua = …