Breaking News

Wisata Alam Sulawesi Tengah yang memukau

Ads By Google

Wisata Alam Sulawesi Tengah– Hanya karena kurangnya promosi maka tempat-tempat wisata alam Sulawesi Tengah tidak di kenal oleh para pelancong. Merupakan sebuah kewajiban bagi kita untuk mempromosikan, agar tempat wisata di Sulawesi Tengah menjadi terkenal. Seperti diketahui Sulawesi Tengah memiliki banyak tempat yang memukau. Sulawesi tengah berada di bagian tengah Pulau Sulawesi memiliki perpaduan yang sangat serasi antara keindahan alam yang dimiliki, kekayaan budaya masyarakat, dan sejarah tradisional yang panjang, sangat menarik untuk diketahui, dijadikan pelajaran, dan salah satunya wajib dikunjungi sebagai tempat wisata alam di pulau Sulawesi.

Banyak kabupaten yang memiliki keindahan alam dan budaya, sangat pantas untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata. Seperti Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan hampir seluruh kabeupaten memiliki tempat wisata alam yang sangat memukau.

Berikut Daftar Wisata Alam Sulawesi Tengah :

1. Air Terjun 12 Tingkat atau Air Terjun “Njinea”

Air terjun ini terletak di Desa Sakina Jaya, yang sebelumnya desa tersebut adalah pecahan dari Desa Pangi, Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong.

Bagi para Pecinta Alam di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, air terjun ini bukan merupakan hal baru lagi.  Sayangnya air terjun Njinea belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat, dan hingga kini potensi wisata alam ini terbiarkan begitu saja. Yang menghawatirkan adalah terjadinya kerusakan disekitar air terjun tersebut yang menyebabkan kurangnya debit air, oleh karena perambahan hutan di daerah sekitar, tentunya mempengaruhi rusaknya keindahan di sekitar lokasi air terjun 12 tingkat tersebut.

Apabila menelusuri disetiap tingkat dari Air terjun Njinea kita dapat melihat kemewahan desain Sang Maha Pencipta terlihat disana, yang disetiap tingkatan dikelilingi bebatuan cadas berwarna hitam, dan setiap tingkatan juga terdapat kolam-kolam, namun kolam-kolam tersebut saat ini tertimbun pasir, oleh karena kiriman dari aliran sungai dibagian atas air terjun tersebut sehingga terjadinya pendangkalan.  Hal ini terjadi dapat diperkirakan akibat dari kerusakan pada daerah daerah aliran sungai (DAS) yang berada disepanjang aliran sungai Njinea.

Baca Artikel Terkait : Wisata Alam di Sulawesi Tengah Parigi Moutong

Dari Ibu Kota Palu, perjalanan ditempuh sekitar 60 kilometer, sedangkan jarak dari jalan trans sulawesi menuju tempat wisata air terjun Njinea membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam dengan berjalan kaki.  Saat ini waktu tempuh sudah lebih mudah, karena setengah dari jalan menuju lokasi sudah dapat ditempuh dengan menggunakan roda dua, sehingga perjalanan sudah lebih singkat dengan memakan waktu 1 setengah jam saja.  Dalam perjalanan menuju lokasi kita akan menyusuri hutan dan sering menjumpai anak sungai.

air-terjun-njinea-parigi-moutong-sulawesi-tengah

2. Wisata Alam Pulau Sombori Morowali Sulawesi Tengah

Pulau Sombori memiliki keindahan yang luar biasa dan telah digadang-gadang sebagai tempat wisata populer di masa akan datang. Banyak yang menggap bahwa Pulau Sombori adalah kepulauan Raja Ampat, karena pesona pulau yang satu ini sangat mirip dengan kepulauan Raja Ampat yang ada di ujung timur Indonesia.

Kepulauan Sombori Morowali diperkenalkan lewat Festival Bajo Pasakayyang pada 21 November 2015 di Pulau Kaleorang. Bagi Anda yang menyukai snorkling Pulau Sombori adalah pilihan yang tepat, karena pemandangan bawah laut di Pulau Sombori tidak kalah luar biasa dan mampu memanjakan mata Anda. Beraneka warna dan bentuk binatang karang, terhampar lautan. Selain itu, Pulau Sombori Morowali ini dikelilingi oleh pasir putih yang memukau.

3. Puncak Gunung Matantimali 

menjadi incaran para pelancong wisata di kota Palu dan sekitarnya. Keindahan yang di berikan seperti sebuah Mutiara yang tersembunyi. Anda yang ingin menikmati keindahan alam tak perlu jauh-jauh keluar pulau Sulawesi.

Puncak Gunung MatantimaliMenikmati senja terbaik dapat dinikmati di banyak tempat wisata di Sulawesi Tengah. Salah satu tempat wisata untuk menyaksikan matahari terbit yang paling indah adalah di puncak gunung Matantimali. Tempat wisata yang ada di Kabupaten Sigi menjadi tempat wisata yang sangat menarik dan tidak hanya wisatawan lokal yang mengunjungi destinasi wisata ini tetapi juga wisatawan asing. Puncak gunung Matantimali menjadi daya tarik tersendiri untuk kota Palu.

Menunggu malam pada sore hari akan memberikan kenangan yang begitu indah untuk anda. Saat senja datang, kawasan puncak gunung matantimali terlihat berwarna kuning keemasan berselimut kabut tipis sehingga semua wilayah tersebut terlihat indah. Tidak perlu berkeliling Anda hanya perlu duduk sambil menikmati secangkir kopi panas dan memandang senja tersebut. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Puncak Gunung Matantimali jangan lupa bersama dengan keluarga, teman-teman atau pasangan anda.

Puncak keindahan terlihat dimalam hari, yang merupakan salah satu bentuk mutiara yang tersembunyi di puncak gunung.

Selengkapnya Baca :  Mutiara Tersembunyi di Puncak Gunung Matantimali

4. Air Terjun Saluopa Kabupaten Poso Sulawesi Tengah

Wisata alam Sulawesi Tengah adalah Air terjun yang terletak di Desa Tonusu yang memiliki sumber mata air dari pegunungan Poso yang sangat jernih. Air yang meluncur dari air terjun ini sangat deras dengan ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter. Keindahan yang terdapat pada air terjun ini bukan hanya dari keindahan alamnya saya, melainkan terdapat 12 tingkatan dan dari setiap tingkatan membentuk kolam-kolam kecil. Hal inilah menjadi nilai plus dari air terjun ini. Bukan hanya itu saja, keindahan lainnya terkadang diantara air terjun muncul pelangi yang sangat memanjakan mata dan momen-momen seperti ini dapat di jadikan sebagai latar foto Anda.

Wisata Alam Sulawesi Tengah

5. Air Terjun Salewana

Objek Wisata Kabupaten Poso yang merupakan salah satu objek wisata palu di Sulawesi Tengah yang dapat di jangkau melalui kota Palu yang bisa anda kunjungi. Wisata Di Sulawesi Tengah sangat banyak yang anda dapat temukan air terjun yang sangat indah. Salah satunya adalah Air terjun yang berada di Sulewana yang berada berada di kabupaten Poso. Jarak dari kota Poso sekitar 30 kilometer hingga anda menemukan lokasi Air Terjun Sulewana. Itu pun yang bisa dilewati kendaraan bermotor. Setelah kendaraan bermotor tidak bisa lagi melintas, maka anda bisa berjalan kaki setidaknya 10 sampai 15 menit.

Air Terjun Salewana PosoKeunggulan yang dimiliki air terjun ini yaitu airnya sangat alami dengan aliran debit sangat besar, sehingga air yang jatuh memiliki volume yang sangat besar yang berasal dari tebing. Olehnya itu anda tidak disarankan berada tepat di bawah air terjun Sulewana ini. Karena debit air ini dianggap dapat menjadi penggerak pembangkit listrik tenaga air. Jika ingin mencoba saja tidak masalah. Karena ada danau terbentuk alami dari air terjun Sulewana ini yang dapat anda jadikan tempat berelaksasi, bermain air, berenang dengan kesejukan air terjun yang deras ini.

Objek Wisata Kabupaten Poso dengan menikmati Air Terjun Sulewana tidak hanya sebatas berada di bawah tebing saja. Jika anda punya nyali lebih, biasanya ada pemandu wisata yang dapat anda sewa juga untuk menyewa peralatan rafting. Arus deras di atas tebing dengan aliran sungai untuk menikmati rafting dengan teman-teman atau keluarga.

6. Wisata Alam Sulawesi Tengah Pantai Tanjung Karang

terletak di kabupaten Donggala, Sulawesi tengah yang dapat dicapai dengan berbagai alat transportasi selama 30 menit sampai dengan 1 jam perjalanan dari pusat kota palu, entah menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Untuk pendatang, penyewaan rental mobil dapat dilakukan dengan berbagai harga yang bervariasi, mulai dari Rp. 250.000 sedangkan yang ingin menyewa ojek ataupun mencarter angkutan umum bisa mencarinya di jalan Imam Bonjol dan Pasar Inpres, paling sedikit menghabiskan budget Rp. 50.000-Rp. 100.000/orang untuk mencapai tempat itu.

Perjalanan menuju pantai Tanjung Karang tidak akan membosankan karena sepanjang jalan yang dilewati bersisihan dengan pantai yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Tata daerah lingkungan yang rapi dan bersih kabupaten donggala membuat mata terkagum-kagum saat melihatnya. Bagi pecinta fotografi ataupun model tempat-tempat ini bisa menjadi spot yang menarik.

7. Objek Wisata Alam di Danau Poso

Danau posos merupakan salah satu objek wisata palu yang berupa danau. Beberapa keindahan wisata yang dapat dinikamati berupa indahnya pasir berwarna kuning keemasan, paduan air danau yang berwarna hijau di pinggir dan di tengah berwarna biru, ditambah gelombang airnya yang mirip seperti air laut. Danau Poso menawan hati siapapun yang memandang. Setiap tempat wisata memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi suatu keunggulan dari destinasi wisata tersebut. Begitu pula dengan Danau Poso yag terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ini. Tepatnya di kota Tentena. Bagi Anda yang sudah cukup penat dengan segala rutinitas di kota, berkunjunglah ke tempat wisata ini. Anda akan merasakan suasana yang tenang dengan pemandangan danau yang asri.Danau Poso

Danau Poso merupakan danau terdalam di Indonesia. Dengan kedalamannya itu Ia memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Danau Poso juga merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara an Danau Singkarak di Sumatera barat. Danau yang berada di ketinggian 657 m dpl ini membentang dari utara ke selatan dengan luas 32 ribu Ha dengan kedalaman 510 m.

Berkunjung ke Danau ini sudah pasti menjadi pilihan para wisatawan terutama pecinta alam. Menariknya tempat wisata ini ialah kawasan ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Ia berbunga pada bulan Juli hingga November, saat itu aroma cengkeh yang khas semerbak di sana. Di danau Poso hidup sejenis ikan sidat (sogili) yang terbesar di dunia. Kawasan ini juga menjadi tempat pelestarian tanaman anggrek terbesar di Indonesia terutama anggrek hitamnya.

8. Tempat Wisata Alam di Luwuk Sulawesi Tengah

Air terjun salodik luwuk

Tempat Wisata Alam Sulawesi Tengah yaitu Air Terjun Piala yang populer di Kota Luwuk. Di sini air terjunnya berwarna hijau. Pesona alam Kota Luwuk memang pantas diacungi jempol untuk dikunjungi. Air Terjun Piala atau air terjun salodik berada dekat dengan Kota Luwuk. Hanya berjarak 15-20 menit ke Kelurahan Hanga-hanga.

Air Terjun Piala air terjun salodik dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) yang dikelola oleh swasta kemudian dijual ke PLN. Sehingga untuk naik ke kawasan air terjun, Anda harus melewati pintu air PLTMH. Dari sini aliran berwarna hijau sudah terlihat mengalir turun ke arah kota.

Tangga pintu air sedikit curan tanpa ada pegangan di sisinya. Anda musti berhati-hati dan memakai alas kaki yang tak licin. Perjalanan dari pintu air ke dalam kawasan Air Terjun Piala hanya sekitar 10 menit. Namun trek curam dan licin menjadi tantangannya. Akar pohon dan ranting rendah menjadi alat bantu untuk naik ke Piala. Suara air terjun yang menggema keras akan menemani perjalanan Anda. Tempat Wisata di Luwuk Sulteng

Setelah sampai, hijaunya air yang dikelilingi pepohonan akan memanjakan mata. Air terjun yang bertingkat-tingkat bisa jadi spot foto yang instagenic. Air Terjun Salodik ini berada tepat di pinggir jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Kecamatan Luwuk dengan Kecamatan Pagimana sehingga mudah dijangkau. Dari Kota Luwuk bisa berkendara menuju Air Terjun Salodik yang berjarak sekitar 20 km dengan lama perjalanan sekitar 45. Untuk bisa menikmati kesegaran Air Terjun Salodik kamu bisa membayar tiket seharga Rp. 1.000/orang.

Air Terjun Laumarang Luwuk atau  Air Terjun Ayus

Tempat Wisata Alam Sulawesi Tengah yang berada di Luwuk adalah Air Jatuh Laumarang, yang menurut orang sini namanya berasal dari nama Pak Laumarang. Orang yang pertama kali membuka lahan dan menemukan air jatuh tersebut. Menuju kesini tidak begitu sulit. Dari arah Luwuk kita menuju ke Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro Kalumpang yang hanya 10 menit dengan kendaraan roda dua atau empat. Ohya, karena jalurnya yang lumayan susah, sebaiknya tidak menggunakan moda roda empat dari sini, jalan kaki paling hanya satu jam saja dari Kalumpang. Kemudian ambil jalan naik di sebelah kanan, jalan lumayan menanjak dan pada musim hujan akan menjadi licin serta berlumpur karena memang belum diaspal.

Air Terjun Ayus terletak 2 Km dari Air Terjun Piala di kelurahan Hanga-hanga, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Air terjun yang lebih dikenal dengan nama Laumarang ini tersembunyi dengan rapat di balik bukit. Nama Laumarang merupakan pemilik tanah kawasan tersebut zaman dahulu. “Kawasan ini namanya Ayus, tapi karena dulu yang punya namanya Laumarang jadi biar lebih gampang dicari makanya disebut Laumarang,” kata Ano, warga yang tinggal di sekitar kawasan air terjun.

Pada pertigaan pertama ambil ke kanan dan tak berapa lama akan terlihat jembatan kayu kecil di sebelah kanan. Di sini terdapat rumah penduduk yang dapat kita mintai tolong untuk menitipkan sepeda motor. Dari sini, air jatuh sudah tidak jauh lagi, kurang lebih 30 menit berjalan kaki. Kita akan berjalan menyusur sungai yang mengalir deras di sebelah kanan. Pada dua pertiga jalan masih landai dan mudah dilalui. Namun tantangan akan kita temui pada sepertiga akhir jalan, sangat curam dan mengharuskan kita untuk sedikit merayap-rayap hanya berpenganan pada akar pepohonan. Asyik sekali.

Pantai kilo lima luwuk

Tempat Wisata di Luwuk Sulteng berupa pantai yang terkenal dikota luwuk ini sudah banyak didatangi oleh wisatawan dari luar negri. Mereka umunya menikmati pemandangan bawah lautnya yang memiliki keanekaragaman dan pemandangan lepas pantai yang indah.

Pesona wisata pantai yang indah dan bersih di dekat jantung kota Luwuk, merupakan objek wisata utama yang memberikan banyak fasilitas dan beragam masakan khas daerah dan dari luar daerah Kabupaten Banggai yang tersedia di kafe-kafe disepanjang kawasan wisata.

Demikian beberapa tempat wisata Alam Sulawesi Tengah yang memukau para pengunjung. Dengan keindahan yang tidak ada bandingannya dengan daerah lain, manjadi wajib bagi anda untuk mengungjunginya. Hanya karena kurangnya promosi maka tempat-tempat wisata alam Sulawesi Tengah tidak di kenal oleh para pelancong. Merupakan sebuah kewajiban bagi orang-orang Sulawesi Tengah untuk mempromosikannya agar tempat wisata di Sulawesi Tengah menjadi terkenal. Share artikel ini sebagai langkah untuk memperkenalkan tempat wisata alam Sulawesi Tengah.

Scroll To Top