Breaking News
Wisata Alam di Sulawesi Tengah Parigi Moutong

Wisata Alam di Sulawesi Tengah Parigi Moutong

Ads By Google

Wisata Alam di Sulawesi Tengah yang berada di bagian tengah Pulau Sulawesi memiliki perpaduan yang sangat serasi antara keindahan alam yang dimiliki, kekayaan budaya masyarakat, dan sejarah tradisional yang panjang, sangat menarik untuk diketahui, dijadikan pelajaran, dan salah satunya wajib dikunjungi sebagai tempat wisata alam di Sulawesi Tengah.

Salah satu kabupaten yang memiliki banyak keindahan alam dan budaya dan pantas untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata adalah kabupaten yang terletak di pesisir teluk Tomini yaitu Kabupaten Parigi Moutong atau biasa di singkat menjadi Parimo. Kabupaten ini memiliki banyak tujuan wisata alam di Sulawesi Tengah maupun wisata budaya yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Potensi pariwisata di Kabupaten Parigi Moutong cukup besar, terbukti dengan banyaknya objek wisata yang terdaftar pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong. Sayangnya, objek wisata di wilayah ini belum dikembangkan secara komersial. Objek wisata yang terdapat di Kabupaten Parigi Moutong dapat menjadi andalan wisata alam Sulawesi Tengah. Objek wisata yang paling populer adalah Wisata Pantai di Kabupaten Parigi Moutong.



Berikut ini wisatapalu.com  merangkum berdasarkan sumber dari Dinas Pariwisata Parigi Moutong dan berita yang dilangsir oleh beberap media online seperti metrosulawesi. Tempat-tempat wisata alam Sulawesi Tengah yang terdapat di Parigi Moutong yang dapat anda jadikan referensi tempat berlibur akhir pekan bersama keluarga.

Air Terjun 12 Tingkat atau Air Terjun “Njinea”

Air terjun ini terletak di Desa Sakina Jaya, yang sebelumnya desa tersebut adalah pecahan dari Desa Pangi, Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong.

Bagi para Pecinta Alam di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, air terjun ini bukan merupakan hal baru lagi.  Sayangnya air terjun Njinea belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat, dan hingga kini potensi wisata alam ini terbiarkan begitu saja. Yang menghawatirkan adalah terjadinya kerusakan disekitar air terjun tersebut yang menyebabkan kurangnya debit air, oleh karena perambahan hutan di daerah sekitar, tentunya mempengaruhi rusaknya keindahan di sekitar lokasi air terjun 12 tingkat tersebut.

Apabila menelusuri disetiap tingkat dari Air terjun Njinea kita dapat melihat kemewahan desain Sang Maha Pencipta terlihat disana, yang disetiap tingkatan dikelilingi bebatuan cadas berwarna hitam, dan setiap tingkatan juga terdapat kolam-kolam, namun kolam-kolam tersebut saat ini tertimbun pasir, oleh karena kiriman dari aliran sungai dibagian atas air terjun tersebut sehingga terjadinya pendangkalan.  Hal ini terjadi dapat diperkirakan akibat dari kerusakan pada daerah daerah aliran sungai (DAS) yang berada disepanjang aliran sungai Njinea.

Dari Ibu Kota Palu, perjalanan ditempuh sekitar 60 kilometer, sedangkan jarak dari jalan trans sulawesi menuju tempat wisata air terjun Njinea membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam dengan berjalan kaki.  Saat ini waktu tempuh sudah lebih mudah, karena setengah dari jalan menuju lokasi sudah dapat ditempuh dengan menggunakan roda dua, sehingga perjalanan sudah lebih singkat dengan memakan waktu 1 setengah jam saja.  Dalam perjalanan menuju lokasi kita akan menyusuri hutan dan sering menjumpai anak sungai.

air-terjun-njinea-parigi-moutong-sulawesi-tengah

Air Terjun dan Tebing Likunggavali

Obyek wisata alam di Sulawesi Tengah ini terletak di desa Marantale Kec. Siniu , dengan jarak tempuh ± 22 km dari Ibu Kota Kabupaten. Likunggavali merupakan sebuah kawasan pegunungan, alamnya yang asri dan sejuk dengan sungai yang mengalir dari celah-celah bebatuan yang berbentuk lingkaran wajan sehingga  disebut air terjun Likunggavali.

Tebing Likunggavali merupakan dinding batu yang sangat mengagumkan, menjadi tempat wisata yang menantang dengan ketinggian ± 100 meter, berdiri kokoh ditepi sungai, menawarkan beragam petualangan bagi mereka yang gemar dengan olah raga wall climbing. Tebing batu ini menjadi tempat yang sangat representatif bagi kegiatan panjat tebing  dan sejenisnya.

air-terjun-dan-tebing-likunggavali
Air Terjun Onggomojolo

Wisata alam di Sulawesi Tengah berupa Air terjun yang biasa orang sebut dengan Onggomojolo terletak di Kecamatan Palasa. Selain air terjun para wisatawan dapat pula menyaksikan tradisi budaya masyarakat. Tradisi ini masih sering dilakukan, dan menjadi salah salah satu objek wisata budaya yang wajib disaksikan. Adapun nama tradisi yang dilakukan oleh msyarakat suku Bela yaitu Tradisi Masyarakat Suku Bela. Adapula objek wisata alam di Sulawesi Tengah lainnya yang sering menjadi wisata bagi masyarakat setempat yaitu Jembatan Bandonga.

air-terjun-onggomojolo-parigi-moutong

Penangkaran Burung Maleo

Tempat penangkaran burung Maleo terletak di Kecamatan Sausu lokasi di Desa Sausu Piore berjarak 58 km dari ibukota Kabupaten Parigi Moutong.

Wisata Alam di sulawesi tengah

penangkaran-maleo-parigi-moutong

Gambar : Foto anak burung Maleo




Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupakan potensi wisata dunia, yang ada di Sulawesi Tengah tepatnya berada di Kabupaten Parigi Moutong, tepatnya di Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan. Sehingga dari dahulu  keberadaan tugu tersebut sudah banyak di kunjungi para wisatawan dari lokal, nasional maupun mancanegara.

Ada hal yang menarik yang anda dapatkan jika kita berkunjung ke objek wisata ini, dimana kita dapat merasakan fenomena alam yang unik, di mana saat equinox yang jatuh setiap tanggal 21 Maret dan 23 September, jarum yang diletakkan di botol di titik nol akan melayang. Kapan saja Anda berkunjung, Anda dapat mencoba meletakkan telur ayam di titik nol dan melihatnya berdiri tegak tanpa tergulir.

Setelah sekitar 2,5 jam menyusuri Pantai Timur, anda akan sampai di desa Sinei. Di sebuah tikungan jalan Trans Sulawesi anda akan menjumpai tugu yaitu Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa tidak hanya berada di Pontianak, di Sulawesi Tengah pun juga ada. Dari prasasti yang berada di depan tugu ini, diketahui bahwa tugu ini dibangun pada tahun 1992 sebagai tanda bahwa desa ini berada tepat pada garis khatulistiwa . Pembangunan tugu tersebut dalam rangka kegiatan Latihan Integrasi Taruna Dewasa (LATSITARDA) Nusantara XIII. Dan diresmikan pada tanggal 9 Juli 1992 oleh Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, Jenderal TNI Try Sutrisno. Tugu ini sebelum setenar tugu khatulistiwa yang berada di Pontianak. Namun sebenarnya dapat menjadi ikon kabupaten Parigi Moutong, sama seperti tugu khatulistiwa yang menjadi ikon kota Pontianak. Sesuatu yang special yang pantas dibanggakan. Seperti lokasinya yang berada di daerah Sulawesi Tengah, diatas tugu ini ada miniatur pulau Sulawesi Tengah.

tugu-khatulistiwa-sulawesi-tengah

Selain tempat wisata alam Sulawesi Tengah yang disebutkan di atas, masih banyak lagi tujuan wisata yang bisa anda kunjungi di Parigi Moutong, diantaranya, wisata bahari berupa pantai dan pulau. Pantai Sidoan, Air Panas Sidoan dan Air Terjun Sidoan yang kesemuanya berlokasi di Kecamatan Sidoan, kemudian Pulau Ogotion, Gunung Tinombala, dan Gua Tingkulang yang berlokasi di  Kecamatan Tomini, selanjutnya Pulau Ongka, Pasir Putih Santigi, Pulau Mandora, Pulau Moian, Pasir Putih Sibatang, Pulau Solaya, Dagat Dede (Pulau Kecil), Danau Bolano Sau dan Danau Dako yang berlokasi di Kecamatan Moutong.

Menjelang libur akhir tahun, daerah ini bisa anda jadikan salah satu tujuan wisata bersama keluarga. Saat berkunjung ke Parigi Moutong, anda juga bisa menikmati makanan khas di daerah tersebut yang biasanya dikenal dengan sebutan Lalampa Toboli, jenis makanan berbahan dasar beras ketan dibungkus daun pisang dengan isi semacam abon. Jenis makanan ini disajikan dengan dibakar, dijamin rasanya lezat, harganya pun sangat murah, Rp 2.000 per bungkus. Lalampa bisa ditemui di hampir sepanjang jalan di Desa Toboli. Biasanya orang yang berkunjung ke Parigi Moutong menyempatkan diri menikmati Lalampa sebelum memasuki dan meninggalkan Kabupaten Parigi menuju Kota Palu.

Demikian beberapa tempat wisata alam Sulawesi Tengah yang terletak di Kabupaten Parigi Moutong yang dapat anda kunjungi. Selain wisata alam masih banyak tempat wisata lainnya seperti wisata bahari, wisata kuliner dan wisata religi.

Scroll To Top