Breaking News
Wisata Alam Danau Tambing !! Tempat wisata dingin di Palu

Wisata Alam Danau Tambing !! Tempat wisata dingin di Palu

Ads By Google

Wisata Alam Danau Tambing – Tempat wisata dingin di Palu yaitu Danu Tambing yang merupakan sebuah wisata alam yang terletak di Kabupaten Poso. Dari segi letak geografis, Danau Tambing lebih dekat jika dikunjungi dari Kota Palu.

Wisata dingin di palu merupakan kegiatan perjalanan yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah menikmati obyek alam dengan cuaca dingin. Berdasarkan pengertian diatas, tempat wisata dingin di Palu berupa Wisata Alam berupa Danau terletak di pegunungan.

Objek wisata Danau Tambing yang memiliki daya tarik utamanya adalah bersumber kepada keindahan alam, sumber daya alam dan tata lingkungan yang terletak di lingkungan dataran tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh Keindahan Wisata dingin di Palu yaitu danau Tambing.

Deskripsi Danau Tambing yang di peroleh dari wikipedia Danau Tambing dalam bahasa Pamona yaitu : Rano Kalimpaa atau Rano Tambing). Berdasarkan pengertian ini dalam bahasa Pamona Rano berarti = Danau. Danau tambing adalah sebuah danau yang terletak di desa Sedoa, Lore Utara, Kabupaten Poso. Danau ini terletak pada ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut.

Asal usul Danau Tambing seperti dengan danau lainnya yang memiliki latar belakang sejarah pembentukannya sampai saat ini belum ditemukan. Namun dalam beberapa cerita mistis mengenai danau tambing merupakan tempat permandian bidadari.

Berdasarkan struktur wilayah Danau Tambing yang merupakan salah satu bagian dari wilayah Taman Nasional Lore Lindu. Danau ini dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dan juga Pemerintah Kabupaten Poso sebagai bagian dari wilayah Kabupaten Poso. Selain punya patung megalitikum Taman Nasional Lore Lindu juga punya danau indah. Danau inilah disebut Danau Tambing yang merupakan tempat wisata dingin yang populer di Kota Palu.

Danau Tambing atau Rano Tambing merupakan tempat wisata alam dengan cuaca dingin yang dekat dari kota Palu. Danau Tambing, bersama dengan Taman Nasional Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Una-Una dan Kawasan Wisata Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, merupakan tiga objek wisata populer di Sulawesi Tengah.

wisata alam danau tambing

Danau Tambing merupakan tempat wisata dingin di Palu yang sering dikunjungi. Berdasarkan data pada 2014, pengunjung objek wisata Danau Tambing masih sekitar 3.000 orang. Pada tahun 2015, tercatat ada sekitar 6.000 wisatawan luar dan lokal yang mengunjungi Danau Tambing. Selama bulan Januari hingga Agustus 2016, jumlah pengunjung sudah mencapai 13.000 orang. Hari Sabtu dan Minggu merupakan hari yang mendapatkan paling banyak kunjungan dari wisatawan, termasuk dari mancanegara.

Bagaimana Mengunjungi Wisata Alam Danau Tambing?

Akses untuk menuju Danau Tambing dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Palu melewati jalan Trans Palu-Napu sekitar 2-3 jam dengan jarak tempuh sekitar 90 km. Jalan yang dilintasi cukup baik dengan pemandangan sekitar dimoninasi oleh hutan-hutan yang lebat.

Setiap malam minggu atau hari libur, ratusan traveler mengunjungi Danau Tambing. Kebanyakan dari mereka menginap dengan berkemah di tepi Danau Tambing untuk satu hingga dua malam. 

Lokasi yang cukup mudah diakses, hanya 2-3 jam perjalanan dari Palu. Lokasinya juga strategis, tepat di pinggir jalan Trans Palu-Napu, menjadikan Danau Tambing adalah obyek yang ideal bagi para penggemar wisata alam.

Di area Danau Tambing tersedia area untuk berkemah, air dan toilet yang cukup nyaman, mushola dan persewaan alat berkemah dan memancing. Banyak traveler yang datang ke Danau Tambing untuk mengamati burung. 

Saat ini terdata ada sekitar 260-an jenis burung. 30 persen di antaranya adalah endemik Danau Tambing. Keberadaan burung-burung inilah yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan melakukan pengamatan ilmiah.

wisata alam danau tambing

Suhu di sekitar Danau Tambing sangat sejuk, bahkan di malam hari bisa mencapai antara 10-15 derajat Celcius. Suasana sangat tenang jauh dari pemukiman penduduk. Di pagi dan sore hari terdengar orkestra dari burung-burung yang bersahutan.

Traveler bisa melakukan berbagai aktivitas di Danau Tambing. Selain berkemah, traveler bisa memancing, bersantai dengan hammock (ayunan). Bagi para penggemar burung, traveler bisa melakukan pengamatan burung yang hidup bebas di sekitar Danau Tambing. 

Berbekal kamera dengan lensa tele dan didukung dengan cuaca yang cerah, maka di pagi/sore hari traveler bisa berburu burung-burung khas TN Lore Lindu dengan perangkat fotografinya.

Tips bagi para traveler yang akan mengunjungi Danau Tambing adalah, persiapkan perbekalan yang cukup. Mengingat Danau Tambing jauh dari pemukiman (toko/warung), untuk makanan tertentu yang sederhana bisa dibeli di pos penjagaan. 

Pos ini juga menyewakan peralatan untuk berkemah dan memancing dengan harga yang sangat wajar. Suhu pada malam hari bisa mencapai 10-15 derajat celcius, siapkan pakaian tebal dan sleeping bag bagi traveler yang ingin berkemah dan menginap di sekitar Danau Tambing. Bagi penggemar fotografi jangan lupa untuk membawa lensa tele, aneka burung siap memamerkan kemolekannya untuk diburu para fotografer.

Bosan dengan suasana hiruk pikuk kota, silakan kunjungi Danau Tambing. Ayo berwisata ke Taman Nasional Lore Lindu! Bagi yang penasaran silahkan anda cari gambar danau tambing. Setelah itu akan menemukan berbagai foto danau tambing yang tersebar di berbagai media sosial.

Danau ini dapat dikunjungi dengan menggunakan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor dengan waktu tempuh selama 2,5 jam, dengan kondisi jalan yang sudah membaik karena merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Palu dengan dataran tinggi legendaris Napu/Lore di Kabupaten Poso.

Wisatawan yang ingin masuk ke Danau Tambing harus membayar karcis. Untuk wisatawan nusantara dan lokal, harga karcis bisa mencapai 5 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara mencapai 150 ribu per orang.

Fakta Menarik dari Wisata Alam Danau Tambing

Seperti yang dikemukakan diatas danau Tambing merupakan salah satu dari bagian wilayah Taman Nasional Lore Lindu. Danau yang cantik ini dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dan juga Pemerintah Kabupaten Poso. Dengan pengelola tersebut, tidak heran jika fasilitas di Danau Tambing cukup memadai.

Lokasinya yang jauh dari keramaian, membuat danau ini menjadi salah satu destinasi favorit. Pilihan wisata alam bagi masyarakat kota Palu dan para petualang yang ingin melepas penat dari kegiatan rutinitas. Sebelum mengunjungi, terlebih dahulu ketahui fakta menarik Danau Tambing. Berikut fakta menarik yang membuat para wisatawan betah di Danau Tambing.

Letak Danua Tambing Mudah Diakses

Danau Tambing adalah salah satu tempat bagi petualang dan destinasi wisata alam dengan lokasi mudah untuk diakses. Bermodal kendaraan roda dua atau roda empat, cukup melewati jalan Trans Palu-Napu dengan jarak 90 kilometer. Mengendaria motor pribadi dapat sampai di lokasi dengan waktu tempuh 2-3 jam perjalanan.

Perjalanan cukup panjang tersebut tidak akan membosankan. Akses jalan yang sangat mulus, serta kondisi jalan yang sehat. Dalam perjalanan anda melewati hutan lebat, melewati kampung Palolo, yang memiliki pemandangan alam yang memukau. Keindahan persawahan di Palolo kabupaten Sigi akan membuat perjalanan sampai di Danau Tambing semakin nikmat.

Lokasinya yang cukup strategis untuk masyarakat kota Palu dan para petualang yang ingin ke sana, membuat destinasi ini selalu ramai. Oleh karena itu, buat anda yang ingin ke sini dengan niat bersantai, hindari waktu akhir pekan karena akan ramai di sana.

Danau Tambing adalah Wisata Alam dengan Cuaca Dingin

Selama dalam perjalanan anda tidak akan mendapatkan jalan lurus saja, namun akan mendapatkan, tanjakan atau turunan dan jalan yang berkelok-kelok. Hal ini berkaitan dengan lokasi Danau Tambing yang berada di ketinggian.

Ketinggian yang dimaksudkan adalah tempat wisata alam Danau Tambing yang berada di ketinggian 1.700 mdpl. Cukup tinggi untuk lokasi sebuah danau. Namun, dengan status lokasi seperti ini, jelas pemandangan yang ada di lokasi ini sangat indah.

Panorama dan pemandangan alam Danau Tambing yang memukau dengan mudah dapat anda temukan di Danau Tambing. Danau ini juga dikelilingi oleh hutan-hutan lebat, namun juga mempunyai tempat yang cocok untuk mendirikan tenda dan berkemah.

Ketinggian yang berada diatas gunung maka wajar jika Danau Tambing mempunyai udara dan cuaca yang teduh, dingin dan sejuk. Walau tengah hari, dan sinar matahari cukup mencolok, namun udara segar tetap akan terasa.

Akan tetapi, bila senja datang dan lokasi Danau Tambing mulai gelap, suhu udara di sana bisa mencapai 10-15 derajat celcius. Hal ini membuat para wisatawan dari Palu dan masyarakat lokal Danau Tambing tidak lepas dari baju hangat atau jaket yang mereka gunakan.

Suhu udara yang sejuk, maka wajar jika banyak para wisatawan datang kesini. Sehingga masyarakat dari kota Palu menjadikan Danau Tambing sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berakhir pekan. Suhu udara yang sejuk dapat memanjakan mereka dari rutinitas setiap hari.

Spesies burung Danau Tambing

Keanekaragaman makhluk hidup yang hidup di Danau Tambing merupakan salah satu surga untuk dinikmati. Salah satu mahluk hidup endemik berupa burung yang ada di Sulawesi Tengah. Terdapat sekitar 260 jenis burung di Danau Tambing, dan 30% adalah spesies endemik. Spesies endemik ini artinya hanya dapat ditemukan di wilayah tersebut.

Burung Endemik Danau Tambing

Berbagai spesies burung ini menjadi salah satu faktor banyak pelancong yang datang ke sini dilengkapi dengan fotografi gear. Banyak dari para pelancong yang datang ke sini dilengkapi dengan lensa tele untuk mendapatkan gambar terbaik.

Dari 260 spesies burung mendapat perlindungan penuh dari pemerintah daerah. Artinya, Anda tidak bisa sembarang untuk memburu atau bahkan mengambil mereka dari alam bebas. Sehingga anda tidak dapat menangkap untuk di pelihara atau dibawa pulang. Itu adalah tindakan yang sangat dilarang

Menurut Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, tiga ciri khas yang ada di lokasi Danau Tambing adalah alam, danau, dan burung. Danau Tambing memiliki keanekaragaman makhluk hidup, seperti spesies burung. Dengan lebih dari 260 jenis burung, membuat tempat ini dijuluki “Surga Burung”. 30 persen di antara spesies burung tersebut adalah jenis endemik, artinya 30 persen jenis burung yang ada di Tambing, hanya ada dan berkembang biak di sekitar Danau Tambing. Dua diantaranya adalah burung kipasan Sulawesi (Rhipidura teysmanni) dan burung kancilan ungu (maroon-backed whistler). Ukuran kedua burung ini sangat kecil, tidak lebih besar dari buah salak pondoh.

Spesies hewan yang ditemukan di Danau Tambing seperti Nuri Sulawesi (Tanygnathus sumatranus), Kakatua (Cacatua sulphurea), Rangkong (Buceros rhinoceros dan Aceros cassidix), dan Pecuk ular (Anhinga rufa) bisa ditemukan.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Danau Tambing adalah berkemah, memancing, dan bahkan bermalas-malasan di hammock. Kegiatan tersebut dapat anda lakukan di Danau Tambing. Lebih santai lagi, kalian dapat membuat kopi, menikmati hangat kopi ditemani buku bacaan favorit. Danau Tambing merupakan tempat sempurna untuk bersantai.

Seluruh faktor di atas merupakan kombinasi sempurna untuk bersantai di Danau Tambing. Tidak heran jika saat akhir pekan, Danau Tambing langsung dipenuhi para petualang yang sudah siap untuk mendirikan tenda dan bersantai di sana.

Kesimpulannya bagaimana dengan kalian? Apakah anda merasa penasaran dengan keindahan wisata alam yang ditawarkan Danau Tambing? Apakah anda ingin melihat segala sesuatu di dalam Danau Tambing? Jika iya, langsung saja kalian siapkan cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat.

Scroll To Top