Breaking News

Universitas Tadulako Pendidikan Tinggi di Sulawesi Tengah

Ads By Google

Universitas Tadulako atau yang disingkat Untad adalah perguruan tinggi terbesar di Sulawesi Tengah yang didirikan sejak tanggal 14 agustus 1981 dan berlokasikan di Kota Palu, lebih tepatnya area Tondo. Perguruan tinggi ini memiliki visi dan misi, untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu, modern dan relevan dengan kebutuhan bangsa; Meningkatkan penyelenggaraan penelitian bermutu untuk pengembangan pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang diabdikan bagi kesejahteraan masyarakat sekitarnya, bangsa dan negara secara berkesinambungan; Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat sebagai pemanfaatan hasil pendidikan dan hasil penelitian yang dibutuhkan dalam pembangunan masyarakat; Meningkatkan kualitas pelaksanaan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan,tanpa adanya ikatan oleh haluan politik, kepercayaan dan agama.

Awal Berdirinya Universitas Tadulako

Awalnya, pada tanggal 8 Mei 1963 Untad berdiri dengan status Swasta, sebagai Rektor pertama Drh. Nasri Gayur. Untad sebagai perguruan tinggi swasta ini tumbuh dari pendapatan yang merupakan swadaya murni masyarakat Sulawesi Tengah, sudah berdiri sebelum daerah Sulawesi Tengah mendapatkan status sebagai Daerah Tingkat I Propinsi Sulawesi Tengah. Tadulako memiliki arti sebagai pemimpin, dan menurut sifatnya berarti keutamaan. Olehnya itu, Tadulako merupakan pemimpin yang memiliki sifat-sifat keutamaan (adil, jujur, cerdas, bijaksana, berani, bersemangat, pengayom, dan merupakan pembela kebenaran).

Pemberian nama Tadulako bagi Universitas ini dimaksudkan oleh semua pendirinya agar Universitas Tadulako menjadi lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan pemimpin-pemimpin yang memiliki sifat-sifat yang utama atau keutamaan. Demikian kuatnya keinginan para pemuka masyarakat di daerah ini, yang memulai kerja kerasnya dengan merencanakan langkah-langkah ke arah terciptanya lembaga dan masyarakat ilmiah, melalui terbentuknya sebuah universitas hingga mejadi sebuah Universitas. Nama-nama tokoh masyarakat perintis berdirinya Universitas Tadulako, tetap tercatat dengan baik untuk selalu diingat serta untuk dihargai pada semua peristiwa dalam kehidupan Universitas, kini dan akan datang.

Setelah melalui berbagai usaha dalam meningkatkan status dan peran dari Universitas Tadulako, maka pada tanggal 12 September 1964 ditingkatkan statusnya menjadi “TERDAFTAR“ sebagaimana Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 94/B-SWT/P/64.

Berbagai upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh pemuka masyarakat di daerah ini, sehingga terwujudlah Perguruan Tinggi Negeri dengan status cabang, yaitu Universitas Tadulako Cabang Universitas Hasanuddin, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 1 Tahun 1966 tanggal 1 Januari 1966 dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujung Pandang Cabang Palu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 2 Tahun 1966 tanggal 1 Januari 1966.

Universitas Tadulako Cabang Universitas Hasanuddin (Untad Cabang Unhas) terdiri atas empat fakultas yaitu :

  • Fakultas Peternakan.
  • Fakultas Ekonomi.
  • Fakultas Hukum.
  • Fakultas Sosial dan Politik.

IKIP Ujung Pandang Cabang Palu terdiri atas tiga fakultas yaitu :

  • Fakultas Ilmu Pendidikan.
  • Fakultas Keguruan Sastera dan Seni.
  • Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta.

Sejak saat itulah kedua perguruan tinggi cabang tersebut mengalami kehidupannya dengan cara yang amat ditentukan oleh induk masing-masing, terutama dalam hal penyelenggaraan pendidikan, pengadaan tenaga akademik dan administrasi.

Singkat cerita, setelah melalui perjalanan dan perjuangan panjang selama 15 tahun dengan status cabang, Untad menjadi universitas negeri yang berdiri sendiri. Hal ini tentunya dengan berbagai dukungan yang datang baik dari Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan), Untad Cabang UNHAS dan IKIP Ujung Pandang.

Saat ini, Universitas Tadulako menempati tiga kampus : Kampus Bumi Nyiur, Kampus Bumi Bahari, dan Kampus Bumi Tadulako Tondo. Hampir semua kegiatan akademis dan administratif dipusatkan di kampus utama (Kampus Bumi Tadulako Tondo), yang terletak di sebuah dataran tinggi, dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah, berada sekitar 60 meter dari permukaan laut, dan menghadap langsung ke Teluk Palu yang jauhnya sekitar 2 Km. Kita dapat menyaksikan pemandangan laut yang indah dari tingkat empat Gedung Rektorat. Tidak hanya itu saja, saat ini Untad buka cabang, Untad dua di Kabupaten Morowali yang saat ini dalam proses pengembangan oleh pemerintah daerahnya dalam hal pembangunan serta fasilitas.

Kemajuan Untad dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan yang signifikan. Baik keragaman bidang pendidikan. Juga terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia pengelola dan pengajar maupun pembangunan fisik, berupa pembangunan gedung-gedung seperti Auditorium Baru, IT Center, Pembangunan Rektorat Baru dan Taman Untad.

Auditorium Untad Baru

Sejauh ini, pembangunan auditorium baru Untad sudah mencapai 80%, dengan memakan biaya yang tidak sedikit, kira-kira sebesar 37.452.600.000,00 dan diprediksikan akan selesai dalam bulan februari tahun mendatang, dengan kemampuan tenaga kerja yang didatangkan dari jawa dan Makassar. Auditorium ini, berguna sama seperti auditorium sebelumnya, yang akan digunakan untuk prosesi wisuda ataupun pembuatan event-event yang membutuhkan kursi mencapai ribuan.

Gedung IT Center Universitas Tadulako ((Untad)

IT Center UntadGedung IT Center Universitas Tadulako yang lokasinya terletak di belakang Gedung Auditorium lama, merupakan gedung yang masih baru yang didesain sejak akhir tahun 2011 bersama Gedung Research Center.

Pembangunan IT Center adalah salah satu penggambaran bahwa bangunan di Universitas Tadulako saat ini sudah mulai banyak berkembang, IT Center dapat memenuhi tuntutan perkembangan teknologi, yang mampu menjadi sarana sebagai tempat pertemuan, layanan informasi , serta Seminar. Mahasiswa juga menjadikannya sebagai tempat Online di mana di IT Center terdapat banyak jaringan Wireless Fidelity sehingga mahasiswa sangat senang untuk berkunjung disana.

Gedung Rektorat Baru

Gedung Rektorat UNTADBangunan rektorat sendiri terletak pas di bagian depan pintu masuk utama kampus, tepat berada di belakang taman Untad. Bangunan yang terlihat megah ini telah rampung sejak pertengahan tahun 2014, dan terdiri dari 4 lantai yang dilengkapi dengan fasilitas memadai, salah satunya berupa tangga lift yang memudahkan untuk naik ke lantai atas. Kegiatan yang sering dilakukan di tempat ini adalah pengembangan kemahasiswaan, urusan pendanaan dan berbagai administrasi terkait kampus lainnya.

Taman Untad

Taman Untad ini didirikan di tahun yang sama dengan pembangunan rektorat baru. Taman ini adalah menjadi icon menarik yang sering didatangi mahasiswa dari luar kampus ataupun dalam kampus. Beberapa dari mereka yang aktif dalam berorganisasi melakukan rapat ataupun berkumpul untuk sekedar berfoto-foto di tempat ini dan juga dosen dan mahasiswa yang menjadikan taman sebagai tempat belajar yang baru. Taman ini akan penuh saat wisuda, sejumlah mahasiswa beserta orang tua banyak yang mengambil gambar dengan background Rektorat dan taman Untad yang bertuliskan Universitas Tadulako dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Keindahan taman ini juga dilengkapi dengan air mancur yang membuat taman ini terasa sejuk.Taman Untad

Keberadaan Untad saat ini tidak hanya diakui di tingkat nasional tapi juga Internasional. Hal tersebut terbukti dengan adanya mahasiswa dari berbagai negara, misalnya Vietnam, Thailand, Timor Leste yang datang untuk belajar di Untad. Olehnya itu, bagi siswa ataupun siswi SMA yang sebentar lagi menyelesaikan studinya, kampus Untad dapat menjadi pilihan yang tepat untuk belajar di perguruan tinggi. Baru-baru ini, akreditas Untad yang tadinya C sudah lebih meningkat satu langkah menjadi B, dan dengan kemajuan Untad yang begitu cepat tidak menutup kemungkinan jika Untad akan terakreditasi menjadi A. Selain untuk studi jenjang S1, Untad juga membuka peluang bagi yang telah menyelesaikan studi strata satu menuju jenjang S2 dengan berbagai pilihan program studi yang disediakan.

Demikian gambaran tentang Universitas Tadulako, yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi. Informasi ini dapat dijadikan sebagai panduan bagi pendatang baru yang ingin melanjutkan studi di Universitas Tadulako. Ataukah dosen-dosen luar yang sekedar ingin mengetahui profil dari Universitas Tadulako, bahkan para pendatang yang sekedar melakukan perjalanan wisata, dapat mengunjungi kampus Universitas Tadulako.

Scroll To Top