Breaking News
Beberapa Tempat Wisata di Sulawesi Tengah yang Wajib di Kunjungi

Beberapa Tempat Wisata di Sulawesi Tengah yang Wajib di Kunjungi

Ads By Google

Tempat wisata di Sulawesi  Tengah merupakan tempat yang indah untuk di kunjungi. Beberapa keindahan yang ditawarkan tidak kalah dengan tempat-tempat lain yang terdapat di belahan dunia lainnya. Keunikan dan masih alami, menjadikan tempat wisata di Palu Sulawesi Tengah menjadi pilihan untuk dikunjungi.

Deskripsi Sulawesi Tengah

Tempat wisata di Sulawesi  Tengah : Sulawesi Tengah (Sulawesi Tengah) merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di jantung Sulawesi. Didirikan pada tanggal 13 April 1964. Sulawesi Tengah dikelilingi oleh beberapa Provinsi yaitu dari Utara adalah Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara dari bagian, sedangkan Maluku dari bagian timur, dan sebuah Selat yaitu Selat Makassar di barat. Palu merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, yang secara geografis Ibuktanya terletak di bagian Tengah. Kota ini terkenal dengan curah hujan yang sangat rendah, sehingga merupakan salah satu kota kering di Indonesia dengan udara yang panas di sore hari dan terasa dingin di malam hari.

Latar belakang sejarah Sulawesi Tengah, belum banyak yang mengungkapan dalam beberapa tulisan, meskipun beberapa penelitian telah dilakukan yang sejak awal dekade abad ini. Antara lain oleh para orang-orang Eropa seperti Albert C. Kruyt, pada tahun 1909, dan Kaudern di 1917-1920.

Orang-orang Eropa yang pertama datang ke Sulawesi Tengah adalah bangsa Portugis, yang datang untuk berdagang dengan raja-raja. Selanjutnya pada tahun 1905, datanglah bangsa Belanda, menyebabkan serangkaian pemberontakan, seperti yang terjadi di Sigi-Dolo.Saat perang dunia ke dua tentara Jepang menguasai beberapa wilayah di Sulawesi Tengah.

Beberapa situs prasejarah dapat ditemukan, yang keberadaanya belum dapat di perkirakan. Situs prasejarah megalitik Sulawesi Tengah tersebar di dataran tinggi desa Bada, Napu dan Besoa. Daerah ini Daerah ini dihuni oleh orang-orang Lore, yang tinggal di sepanjang sungai Lariang, yang merupakan sungai terpanjang di Sulawesi. Sungai ini membentang dengan hulu mulai dari puncak gunung poso sampai bermuara di Sulawesi Barat.

Provinsi Sulawesi Tengah adalah daerah yang indah dengan gunung tersebut; danau dan lembah-lembah menghiasi daerah ini. Semua hal-hal yang potensi pariwisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Daya tarik wisata utama di Sulawesi Tengah adalah daerah kelalaian megalit dari zaman bersejarah, yang tinggal di Bada dan Besoa, namun keindahan alam dan keramahan dari publik menjadi aset berharga untuk perluasan pariwisata di daerah ini. Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki solidaritas kompatibel antara keindahan alam, kekayaan budaya dan sejarah yang panjang.

Perjalanan wisata Sulawesi Tengah menjadi sebuah tujuan popular dengan beberapa temat yang dapat di kunjungi sebagai berikut :

Tempat wisata di Sulawesi  Tengah di Pulau Togian

Ketika melintasi Sulawesi dari Selatan ke Utara atau Utara ke Selatan kebanyakan wisatawan sekarang memilih untuk singgah yang setidaknya untuk beberapa hari di Kepulauan Togian. Pulau Togian merupakan tempat wisata di Sulawesi  Tengah berupa kepulauan yang indah dari sekitar 56 pulau, yang terletak di Teluk Tomini. Pulau ini dibentuk oleh aktivitas gunung berapi, pulau-pulau ditutupi oleh hutan hujan yang rimbun dan dikelilingi oleh formasi terumbu karang kuno. Kedua ekosistem darat dan laut berkerumun dengan satwa liar yang eksotis – banyak yang sangat langka atau terancam punah. Karang dan wilayah pesisir menyediakan area habitat dan perkembangbiakan penyu sisik, penyu hijau dan dugong. hutan Togian dan langit dipenuhi dengan makhluk-makhluk eksotis seperti Togian Macaque, babirusau, Hornbill Sulawesi, dan burung menggantung jenis beo. Surga tropis ini, terdapat sekitar 37 desa memberikan kedamaian dan kegembiraan dan dengan budaya beberapa etnis, termasuk Bobongko, Togian, Suluan dan Bajau.

Pulau Togian dinyatakan sebagai taman nasional pada tahun 2004, namun secara adminstratif yang ketat tidak ditemukan, dan belum ada yang melakukan patrol di sekitar pulau ini. Kebanyakan masyarakat disini hidup dari kelapa dan masih kurang yang menangkap ikan, sehingga banyak ikan yang berlimpah. Nampak ada beberapa bagian dari terumbu karang yang rusak akibat dinamit atau bom ikan, namun kerusakan secara global tidak Nampak sehingga keindahan tetap terjaga.

Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri, sebagai tempat wisata di Sulawesi  Tengah yang terletak tidak jauh dari Wakai, merupakan pusat kawasan wisata di Togian Island. Pulau Kadidiri adalah pulau yang sangat populer di kalangan turis karena pantainya sangat indah dan bersih sehingga sangat baik untuk snorkeling dan menyelam. Di atas hamparan air, di hutan bakau anda  dapat berjalan untuk melihat berbagai jenis burung, atau melihat budaya lokal dari orang-orang Bajo (Sea gipsi), anda dapat mencoba memancing dengan gaya lokal atau hanya bersantai dan berjemur untuk memanjakan diri.

Pulau Kadidiri sangat membanggakan untuk melihat berbagai jenis terumbu karang, habitat karang yang luas dan mungkin merupakan pantai terbaik di Kepulauan Togean (daerah yang sudah terkenal karena pantainya). Beberapa bungalow pantai dan resor pedesaan yang tersebar di seluruh garis pantai, anda dapat duduk-duduk di kursi pantai atau tempat tidur gantung merupakan prioritas utama para pengunjung.

Una Una Island

Sebuah pulau yang dapat di kunjungi melalu Kota Ampana merupakan tempat wisata di Sulawesi  Tengah. Una Una Island adalah salah satu pulau yang paling murni dan terpencil di Provinsi Sulawesi Tengah. Daratan Una Una merupakan daratan yang masih belum tersentuh oleh belahan dunia, dengan hutan tak tersentuh, air terjun, lubang vulkanik dan hamparan danau, landscape yang begitu memukau. Di sini, Anda akan mendapatkan pengalaman menyelam terbaik di seluruh Kepulauan Togean. Menyelam di sekitar Pulau Una Una menawarkan karang yang indah, dengan dinding tebing berkilauan, beberapa ikan  besar Barracuda, Jackfish, Hiu, Elang Rays, kura-kura dan banyak ikan lain.

Taman Nasional Lore Lindu

Tempat wisata di Sulawesi  Tengah yang terkenal adalah taman Nasional Lore Lindu merupakan kawasan lindung hutan di Indonesi yang terdapat di pulau Sulawesi. Luas taman nasional adalah 2.290 km² yang meliputi hutan dataran rendah dan pegunungan dengan berbagai ketinggian 200 – 2.610 m. Beberapa penduduk yang lebih populer termasuk Red-knobbed Hornbill dan Luwak raksasa. 227 spesies burung telah diamati di taman ini, 77 di antaranya adalah endemik Sulawesi. Selain kaya satwa liar, Lembah Bada terletak di taman lore lindu juga mengandung batu megalit yang berasal dari jaman kuno sekitar 1300 tahun. Taman nasional ini juga dinobatkan sebagai taman konservasi biosfer UNESCO.

Parigi – Moutong

Tempat wisata di Sulawesi  Tengah yang berada di Kabupaten Parigi Moutong terletak di Teluk Tomini, sekitar 67 km ke arah utara Pulau Sulawesi Tengah. Teluk Tomini dianggap sebagai pusat keanekaragaman untuk hewan laut antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, di antara penghuninya sekitar 6 spesies lumba-lumba, 2 jenis paus, dan whaleshark yang sering nampak di perairan ini. Teluk Tomini menawarkan kejernihan air yang sangat menakjubkan dengan kejernihan yang merata mencapai sekitar 40 m visibility secara vertical yang menciptakan pandangan tak terhalang untuk penyelam untuk menikmati formasi karang yang menakjubkan dengan berbagai warna dan dinding terjal drop off di berbagai tempat menyelaman.

Perairan laut di sekitar Parigi masih jarang dieksplorasi, membuat daerah ini memiliki terumbu karang keras dan sehat yang merupakan salah satu indikator kuat dari keseluruhan kesehatan lingkungan laut di wilayah itu. Sebuah topografi yang unik memberikan perlindungan terhadap terumbu karang paling dekat dengan pantai, menyediakan suasanan yang tenang untuk menyelam dengan santai. Pandangan yang luas, yang langsung berhadpan dengan perairan terbuka, pelancong akan mudah untuk melihat kedalaman air, beberapa ikan ikan kecil menjadi mudah terlihat di balik formasi terumbu karang yang padat.

Menyelam di sekitar Parigi Moutong adalah membuka kemungkinan penyelam untuk menemukan terumbu karang, spesies lan dan ikan, berbagai tempat menyelam yang tersedia di sini terdiri dari lereng yang landai dan curang, penyelam akan disambut spons tuba dan spons Salvadore Dali (Petrosia lignose), beberapa ukuran raksasa panjangnya mencapai lebih dari dua meter. Selain formasi karang yang menakjubkan, topografi yang unik dari gundukan karang yang berserakan, penyelam akan sulit meninggalkan dengan mudah karena indahnya bentangan karang yang keras.

Topografi di bawah laut, di samping untuk fotografer secara meluas, objek makro juga dapat ditemukan di sini seperti kuda laut, pipefish hantu, nudies, anemon, dan banyak lagi. Selain spot Diving, ada sebuah pulau di sekitar Parigi Moutong disebut Pulau Bat di Indonesia menyebutnya Pulau Kelelawar, Pulau ini diapit oleh dua tanjung hutan mangrove membentuk seperti gerbang. Pulau Kelelawar adalah tempat berkembang biak spesies kelelawar. Keunikan kelelawar di pulau ini adalah pada warna mereka, yaitu, kuning, coklat dan hitam.

Ampana

Sebuah kota yang menyenangkan sebagai tempat wisata di Sulawesi  Tengah yang dihubungkan oleh perahu untuk menuju ke Kepulauan Togean. Dermaga dan pasar lokal tempat beristirahat dan berjalan santai jika Anda mencari sesuatu untuk dilakukan di Ampana. Penduduk Ampana yang begitu ramah dan bersahabat, karena beberapa dari mereka telah terbiasa dengan kehadiran wisata asing di daerahnya. Wisatawan biasa yang ingin berkunjung ke berbagai pulau di sekitar Ampana, seperti Togean, Una-una, wakai dan beberapa pulau lainnya.

Pulau Banggai

Agak jauh dan setidaknya membutuhkan beberapa hari untuk mengeksplorasi dengan benar wilayah ini, sehingga wisatawan sering mengabaikan Kepulauan Banggai yang merupakan salah satu tempat wisata di Sulawesi  Tengah. Namun, mereka yang telah mengunjungi daerah ini akan merasakan sensasi untuk menikmati indahnya melakukan diving yang luar biasa, berenang dengan penampakan paus dan dugong (jenis manatee mamalia air). Peleng Island adalah pulau yang terbesar dari Kepulauan Banggai, dengan homestay yang tersedia di pemukiman Salakan dan Tataba. Saat ini menjangkau Kepulauan Banggai tidak sulit lagi karena koneksi penerbangan dari Makassar ke Luwuk yang terjadwal tiap hari.

Danau Poso

Danau Poso merupakan tempat wisata di Sulawesi  Tengah, yang merupakan danau terbesar ketiga di seluruh Indonesia, meliputi wilayah seluas lebih dari 74.100 hektare / 30.000 hektar. Boat trio dan hiking trails adalah atraksi utama di sekitar danau. Danau Poso terletak di Pendolo memiliki sejumlah pantai yang baik dan kesempatan untuk berenang, di samping dermaga perahu. Keindahan alamnya masih alami, beberapa spesies anggrek langkah dapat ditemukan di sini.

Cagar Alam Morowali

Selanjutnya tempat wisata di Sulawesi  Tengah berupa cagar alam di Morowali didirikan pada tahun 1980 dan sekitar 556.000 hektare / 225.000 hektare. Wisatawan yang berkunjung ke Cagar Alam Morowali akan menemukan bahwa daerah ini terbaik dieksplorasi dengan berjalan kaki, dengan menggunakan jalur trekking yang berlimpah. Cagar alam morowali menyediakan area untuk mengamati perilaku burung maleo. Burung maleo merupakan endemic Pulau Sulawesi, yang dikenal memiliki telur yang sangat besar.

Kota Palu

Tempat wisata di Sulawesi TengahTempat wisata di Palu Sulawesi  Tengah yang terdapat di Kota Palu menawarkan beberapa atraksi yang bermakna bagi para wisatawan, seperti Museum Negeri di Propinsi Sulawesi Tengah. Beberapa tempat wisata di kota palu seperti di beberapa pantai yang tersebar di teluk palu. Keindahan Pantai Talise, menjadi alas an untuk mengunjungi kota ini. Di Kota Palu dapat mengunjungi beberapa daerah di atas gunung gawalise, sebuah tempat untuk menikmati keindahan alam di malam hari. Selain itu tempat menikmati paralayang di matantimali di lelui dari kota Palu.

 Tanjung Api National Park

Tanjung api merupakan tempat wisata di Sulawesi Tengah berupa pulau. Taman populer ini sekitar 10.500 hektare / 4.250 hektar dalam ukuran dan menawarkan daya tarik yang luar biasa terutama yang tidak biasa melihat keadaan yang terjadi disana – tebing karang yang terbakar, yang tetap didorong oleh gas yang terbentuk secara alami, bocor melalui batu-batu.

Lembah Bada

Tempat wisata di Sulawesi Tengah berikutnya adalah Desa Bada merupakan warisan misionaris Belanda. Sekali waktu, desa-desa diperintah di bawah seorang raja yang ditunjuk oleh pemerintah Belanda. Raja bernama Biti magau Itampo Bada. Namun, pemerintahan kerajaan berakhir di pertengahan abad ke-20. Tempat milik Taman Nasional Lore Lindu. Kecamatan Lore Selatan yang berpusat di desa Gintu. Penduduk Asli dari wilayah ini adalah suku Lore, tetapi ada suku-suku asli lainnya yang tinggal di Sulawesi Tengah. Mereka sangat menyambut dengan rama orang berkunjung dengan tangan terbuka. Melihat lebih dekat dengan kehidupan penduduk lokal, sebagian besar dari mereka bekerja di ladang mereka. Beras dan cokelat adalah komoditas utama daerah ini.

Berikut adalah video tempat wisata di Sulawesi Tengah. Tempat yang ada dalam video ini adalah tanjung karang, pusat laut, tugu perdamaian nosarara nosabatutu, taman megalitik lore lindu, pantai kalukku, pantai labuana, makanan utadada, kaledo dan beberap tempat makanan lainnya.

 

Scroll To Top