Breaking News
Mutiara tersembunyi di Puncak Gunung Matantimali

Mutiara tersembunyi di Puncak Gunung Matantimali

Ads By Google

Puncak Gunung Matantimali  menjadi incaran para pelancong wisata di kota Palu dan sekitarnya. Keindahan yang di berikan seperti sebuah Mutiara yang tersembunyi. Anda yang ingin menikmati keindahan alam tak perlu jauh-jauh keluar pulau Sulawesi.

Puncak Gunung MatantimaliMenikmati senja terbaik dapat dinikmati di banyak tempat wisata di Sulawesi Tengah. Salah satu tempat wisata untuk menyaksikan matahari terbit yang paling indah adalah di puncak gunung Matantimali. Tempat wisata yang ada di Kabupaten Sigi menjadi tempat wisata yang sangat menarik dan tidak hanya wisatawan lokal yang mengunjungi destinasi wisata ini tetapi juga wisatawan asing. Puncak gunung Matantimali menjadi daya tarik tersendiri untuk kota Palu.

Menunggu malam pada sore hari akan memberikan kenangan yang begitu indah untuk anda. Saat senja datang, kawasan puncak gunung matantimali terlihat berwarna kuning keemasan berselimut kabut tipis sehingga semua wilayah tersebut terlihat indah. Tidak perlu berkeliling Anda hanya perlu duduk sambil menikmati secangkir kopi panas dan memandang senja tersebut. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Puncank Gunung Matantimali jangan lupa bersama dengan keluarga, teman-teman atau pasangan anda.

Puncak keindahan terlihat dimalam hari, yang merupakan salah satu bentuk mutiara yang tersembunyi di puncak gunung matantimali. Keindahan terlihat seperti Mutiara yang berkilau dari kejauhan, seakan mata tak ingin berhenti memandangnya. Kilauan Mutiara yang tersembunyi  merupakan pancaran cahaya lampu-lampu di kota Palu dan sekitarnya.

Hotel Paling Dekat dengan Matantimali

Jarak Puncak Gunung Matantimali dari Kota Palu

Bagi yang belum pernah berkunjung ke lokasi ini mungkin bertanya berapa jauh jarak puncak gunung matantimali dari kota Palu? Matantimali masuk dalam daerah otonomi Kabupaten Sigi, tepatnya di Kecamatan Marawola Barat, Desa Matantimali merupakan sebuah desa yang berada di Gunung Gawalise.

Jarak Puncak Gunung Matantimali dari Kota Palu sekitar 20 kilometer dan dapat anda kunjungi daerah tersebut yang kira-kira memakan waktu sekitar 1 jam. Jika anda ingin menikmati perjalanan tersebut, maka anda dapat menyewa motor atau mobil sehingga anda tidak perlu merasa lelah dan dapat tidur di sepanjang perjalanan, dan bahkan bisa anda tempuh dengan berjalan kaki.

Cara Mencapai Puncak Gunung Matantimali

Bagaimana cara Mencapai Puncak Gunung Matantimali? Menggunakan transportasi umum tidak dapat mengantarkan anda ke matantimali, karena lokasinya yang memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut. Dari Kota Palu, anda harus pergi ke Kaki Gunung Gawalise tepatnya di kecamatan Marawola Barat. Anda harus mengambil jalur barat untuk pergi ke Marawola Barat di Desa Porame. Kemudian dari Marawola menuju ke Desa Wayu sebelum akhirnya Anda bisa menyusuri lereng pegunungan Matantimali.

Jarak matantimali dari Kota Palu

Hanya butuh sedikit waktu menuju puncaknya dengan menelusuri jalan berbatu, pinggiran curam serta melewati sejumlah desa di Kecamatan Marawola Barat atau jalan utama menuju Kecamatan Pinembani, Kabupaten Donggala. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan panorama alam pegunungan matantimali dan hamparan sawah penduduk serta keramah-tamahan masyarakat yang bermukim di kaki gunung matantimali.

Tempat Parkir di Puncak Gunung Matantimali

Matantimali tidak mempunyai fasilitas khusus karena tempat ini berada diatas gunung berupa padang yang luas. Fasilitas parkir telah disediakan dan anda tidak perlu khawatir karena fasilitas parkir tidak dipungut biaya.

Tiket Masuk di Puncak Gunung Matantimali

Jika anda ingin masuk ke tempat wisata ini, maka anda tidak perlu khawatir, karena tidak seperti dengan tempat wisata yang ada di daerah lain. Tempat wisata di didaerah lain mewajibkan membayar biaya parkir, dan tiket masuk, namun di puncak gunung matantimali tidak dipungut tiket masuk, sehingga anda cukup menyediakan tenaga untuk menikmati keindahan muatiara yang tersembunyi di puncak gunung matantimali.

Penginapan di Puncak Gunung Matantimali

Tempat penginapan yang ada di puncak gunung matantimali menggunakan baruga yang disewakan, dengan biaya sewa cukup terjangkau. Namun bagi pelancong anda tidak perlu khawatir karena telah disediakan tempat mendirikan tenda dan tidak dipungut biaya. Jika berkemah disini, Anda tidak perlu khawatir kekurangan air bersih. Baik kebutuhan air untuk mandi maupun buang air karena disini semua telah disediakan.

Fasilitas di Puncak Gunung Matantimali

Tempat wisata ini memang minim fasilitas karena pengunjung hanya ingin melihat keindahan alam kota Palu dan sekitarnya dan matahari terbit di tempat ini kemudian pulang kembali. Fasilitas yang ada di sini hanya tempat parkir, tempat berkemah, dan ada penjual bagi yang ingin menikmati kuliner khas di Matantimali.

Menikmati Mutiara di Puncak Matantimali

Puncak Gunung Matantimali adalah tempat yang paling cocok untuk memanjakan mata anda dengan panorama yang menakjubkan dan udara bersih yang segar. Menjelang sore hari, cahaya dari matahari terbenam akan mengubah tempat ini menjadi warna keemasan yang cantik.

Baca Juga : Olahraga Paralayang Menaklukan Ketakutan di Matantimali

Pada malam hari anda akan menikmati kilauan Mutiara yang merupakan pancaran cahaya lampu dari kejauhan di kota Palu dan sekitarnya. Jika  berkunjung ke kawasan wisata ini sebaiknya berkunjung pada bulan purnama. Sayaup-sayup angin gunung berhembus dari atas puncak gunung yang ditemani dengan seduhan kopi panas menambah suasana semakin romantis.

Pada saat pagi, anda bisa kembali untuk menyaksikan matahari terbit yang menyinari pepohonan hijau dan bukit nan hijau dengan bentuk yang menawan. Anda bisa memilih dua jalur. Masing-masing jalur tersebut dapat membawa anda ke puncak yang berbeda. Anda dapat menyaksikan pemandangan lembah dan pegunungan. Udara segar dari pegunungan akan menyapa anda dan menghapus semua rasa lelah anda. Suasana yang sangat tenang mampu membuat anda rileks. Suara burung berkicau yang saling bersahutan membuat anda terasa berada di surga dunia. Jika anda berkunjung pada dini hari, maka anda tidak boleh lupa untuk memakai pakaian hangat seperti syal, jaket atau sweater karena suhu di puncak ini akan semakin dingin di malam hari.

Keuntungan lain lokasi ini bisa di jadikan tempat mendirikan tenda bagi para pecinta alam atau pendaki gunung, untuk menikmati suasana lembah Palu dan lembah Sigi dari atas puncak dan perpaduan antara panorama alam daratan dan lautan juga nampak terlihat, serta gemerlapnya kota dan senyapnya suasana desa di malam hari. Selain itu juga kita akan disuguhkan dengan indahnya matahari terbit dari ufuk timur, angin yang dingin dengan udara yang sejuk. Serta panjangnya sungai palu dari hulu sampai ke hilir sehingga menjadi cerita tersendiri bagi pengunjung yang datang dilokasi tersebut.

Scroll To Top