Breaking News
Pesona Tempat Wisata di Sulawesi Tengah

Pesona Tempat Wisata di Sulawesi Tengah

Ads By Google

Tempat Wisata di Sulawesi Tengah – Sulawesi Tengah merupakan salah satu Provinsi yang terletak di bagian tengah di Pulau Sulawesi. Berdasarkan data statistic Sulawesi Tengah memiliki penduduk sekitar 2,7 juta jiwa. Luas wilayah yang dimiliki tidak kalah dengan Provinsi lainnya, seperti Sulawesi Selatan, Utara, Tenggara dan Barat. Luasnya wilayah yang dimiliki oleh Sulawesi Tengah menjadikan daerah ini memiliki tempat wisata yang menggiurkan untuk di kunjungi.

Hampir seluruh kabupaten di Sulawesi Tengah memiliki tempat wisata yang menggiurkan untuk di kunjungi. Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Sulawesi Tengah seperti Pulau Togean yang berada di kabupaten Tojo Una-una, Tanjung Karang yang terletak di Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Poso, ada Danau Poso dengan keanekaragaman hayati seperti Anggrek, dan situs prasejarah atau megalitik yang berada di daerah Napu. Selain itu ada Taman Nasional Lore Lindu yang berada di Kabupaten Sigi. Sedangkan di ibukota Sulawesi Tengah yaitu Kota Palu ada Teluk Palu yang biasa orang kenal dengan nama Pantai Talise.

Salah satu tempat wisata di Sulawesi Tengah yang mirip dengan Raja Ampat, berada di kabupaten Morowali adalah Pulau Sombori. Pesona dan jenis wisata yang ditawarkan sangat menakjubkan

Baca : Keindahan Pulau Sombori Morowali Sulawesi Tengah

Pantai Talise merupakan sebuah Tempat Wisata di Sulawesi Tengah yang memiliki panorama alam yang sangat indah dengan hamparan teluknya dan perbukitan yang begitu mempesona sehingga pengunjung dimanjakan dengan keindahan panoramanya. Selain memiliki panorama alam yang sangat indah, pantai ini juga sangat cocok di pergunakan untuk sarana olahraga, misalnya olahraga renang, menyelam, memancing, sky air, selancar angin, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata di Sulawesi Tengah

Gambar : Sunset Pantai Talise

Kabupaten lainnya seperti Buol, Tolitoli memiliki beberapa Tempat Wisata di Sulawesi Tengah berupa pantai dan air terjun. Sedangkan daerah kabupaten Morowali dan kabupaten Luwuk, memiliki beberapa pantai yang indah dan bersih. Kabupaten kepulauan seperti Banggai Kepualaun dan Banggai Laut memiliki objek Wisata Pantai yang cocok untuk melakukan Snokling. Daerah daerah ini memiliki objek wisata yang belum di ekspose keindahannya. Seperti Contoh Kabupaten Parigi Moutong yang dikenal dengan Teluk Tomini, terdapat daerah wisata pantai dan pulau yang dikenal dengan nama Pulau Kelelawar.

Salah satu objek wisata bahari yang cukup mempesona di Kabupaten Parigi Moutong adalah Pulau Kelelawar, Pulau ini terdapat di teluk Tomini tepatnya di desa Tomoli Kecamatan Toribulu dengan jarak lebih kurang 60 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 Jam dari kota Parigi, dari pantai ke pulau dapat ditempuh dengan menggunakan perahu bermesin yang disewakan oleh masyarakat setempat dengan tarif yang terjangkau dan bisa dinegosiasikan, membutuhkan waktu kurang lebih  10 menit.

Dari Kota Palu, berjarak sekitar 97 kilometer arah timur laut.  Pulau seluas kurang lebih 10 hektar ini diapit oleh dua tanjung hutan bakau yang menyerupai pintu gerbang masuk menuju pulau ini, keunikan obyek wisata yang satu ini adalah merupakan tempat berkembang biaknya beberapa jenis kelelawar yang diantaranya berwarna kuning, coklat dan hitam.

Selain itu Anda dapat pula menikmati panorama alam pantainya yang indah dan sangat cocok untuk kegiatan berenang, menyelam, naik perahu tradisional mengelilingi pulau, memancing ikan secara tradisional oleh masyarakat nelayan bisa juga Anda temui di sekitar pulau dan Anda dapat membeli ikan laut yang masih segar dengan harga relatif murah.

pulau-kelelawar-parigi-moutong

Gambar : Pulau Kelelawar Parigi Moutong

Khusus untuk daerah Kota Palu beberapa wisata pantai dapat di kunjungi seperti Pantai Talise yang disebutkan di atas, Pantai Enu, Pantai Tawanjuka, dan Pantai Taipa. Selain wisata pantai ada beberapa wisata yang di daerah pegunungan yang dapat digunakan untuk menikmati keindahan seluruh kota Palu seperti Tugu Nosarara Nosabatutu yang terletak di Daerah Tondo, selain itu di bagian barat daerah pegunungan ada Gunung Gawalise. Tempat ini dapat di kunjungi untuk menikmati keindahan kota palu. Di pegunungan ini ada beberapa permaindian, dan beberapa makanan khas yang dapat di cicipi yang dikenal dengan nama utadada.

Melakukan wisata di Kota Palu, memiliki keindahan tersendiri jika di bandingkan dengan daerah lainnya. Beberapa situs prasejarah, wisata kuliner yang dikenal dengan kaledo, bawang goreng palu, dan beberapa makanan khas lainnya yang ada hanya di Kota Palu. Selain itu bagi yang senang dengan wisata supranatural di daearah Palu Sulawesi Tengah terdapat daerah yang dikenal dengan nama Uventira atau biasa orang sebut wentira atau kota para jin.

Selain tempat yang dapat dikunjungi terdapat berbagai macam tumbuhan dan binatang yang dapat di temukan di daerah Sulawesi Tengah. Tumbuhan yang hanya terdapat di Sulawesi Tengah seperti Kayu Hitam atau Eboni, dan Anggrek Hitam di Bancea. Sedangkan beberapa binatang seperti Anoa, Kus-kus hanya ditemui di daerah Sulawesi Tangah. Selain binatang dan tumbuhan beberapa terumbu karang yang tidak kalah indahnya dapat ditemukan di sepanjang pantai di Sulawesi Tangah.

souvenir-kayu-hitam

Sebuah daerah yang masih memiliki banyak keindahan alam merupakan Tempat Wisata di Sulawesi Tengah. Bagi pengunjung atau orang-orang yang ingin melalukan investasi di bidang wisata dapat melirik daerah ini karena masih banyak daerah yang belum di eksplorasi. Dengan melakukan penataan yang maksimal, daerah-daerah di Sulawesi Tengah dapat di sulap menjadi tempat wisata yang menggiurkan, yang tidak kalah jika di bandingkan dengan daerah wisata lainnya di Indonesia seperti, Bali, dan Yogyakarta. Daerah Sulawesi Tengah masih membutuhkan penataan yang maksimal dan promosi yang lebih baik agar para wisatawan local ataupun mancanegara dapat mengenal daera-daerah wisata di Sulawesi Tengah.

Beberapa orang yang telah mengunjungi daerah Sulawesi Tengah merasa kagum dengan keindahan yang dimiliki daerah ini. Karena sesuatu yang tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia. Tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi di dekat Kota Palu telah kami tuliskan pada artikel lainnya di wisatapalu.com.

Scroll To Top