Breaking News

Bagaimana Mengunjungi Kabupaten Morowali Utara

Ads By Google

Bagaimana Mengunjungi Kabupaten Morowali Utara – Perjalanan menuju ke Morowali Utara cukup panjang. Banyak terdapat objek wisata morowali utara yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan, begitu pula jika tiba di kotanya. Uraian berikut melalui Rute dari Makasar-Pare Pare-Palopo-Soroako kemudian menyeberang Danau Matano, menuju ke Morowali. Mari kita tengok Posisi untuk mengunjungi Kabupaten Morowali Utara dengan rute menuju Morowali Utara yaitu dari :

1. Palu
2. Poso
3. Luwuk
4. Soroako
5. Masamba
6. Makasar – Palu ( ± 431 KM menuju Morowali Utara -Kolonodale)

mengunjungi kabupaten morowali utara

Mengunjungi Kabupaten Morowali Utara dari Kota Palu

Menggunakan pesawat, dengan pertama kali tiba di bandara Palu dengan nama Bandar Udara Mutiara. Harga tiket pesawat menuju kota palu dari berbagai wilayah dapat anda lihat di traveloka tiket. Setiba di Palu kita banyak alternatif menuju Morowali Utara, mulai rental mobil ( Innova, Avanza, Xenia ) atau travel ( Delita, Jawa Indah, Faiz dll ). Perjalanan dari Palu menuju Morowali Utara di tempuh 10 hingga 12 Jam. Kota yang akan di lewati meliputi Palu-Parigi-Poso-Tentena-Taripa-Lembontonara-Tomata-Beteleme-Tompira-Kolonodale. Yang saya cetak tebal sudah masuk di Kabupaten Morowali Utara.


Bagi anda yang belum terbiasa perjalanan darat yang jauh dan berkelok-kelok, siap-siap anda akan mabuk, namun sebaliknya jika anda justru menyukainya, perjalanan ini menjadi pilihan anda. Palu ke Parigi, kita akan melewati Kebun Kopi, inilah lokasi yang banyak tikungannya (ekstra hati-hati). Parigi-Poso merupakan daerah datar dan melewati pesisir Pantai nan Indah suasananya.

Poso-Tentena-Taripa-Lembontonara-Tomata-Beteleme, kita akan kembali dikoyak-koyak oleh jalan yang membuat pantat kita selalu bergeser dari tempat duduknya. Jangan sampai anda membuat jalan sendiri, akibatnya akan fatal (Jurang yang menunggu anda).

Beteleme-Tompira-Kolonodaleu, inilah daerah yang sudah masuk ke daerah Morowali Utara, jalan datar tanpa banyak tikungan. Kecuali 5 KM mendekati Kolonodale.

Angkutan Travel Mengunjungi Morowali Utara dari Palu

Berikut beberapa travel yang dapat di gunakan ke arah Morowali Utara dari Palu :

1. Faiz Travel :

Sampai Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
Sampai Tompira sekitar Rp. 140.000,00

2. Delita Express

Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

3. Putra Morowali

Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

4. Putra Bali

Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

5. Jawa Indah

Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

6. Metro Express

Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

7. Allugoro

Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

8. Hidayat Express

Ke Kolonodale sekitar Rp 160.000,00
Ke Tompira sekitar Rp. 140.000,00

Harga sebelum kenaikan BBM 2014

Semua menggunakan kendaraan L300 atau sejenisnya dan menggunakan AC. Kecuali Jawa Indah, pakai Bus Kecil dan tidak ada AC nya. Urusan AC, yang recomended adalah Hidayat Express, Delita Express, Metro Express dan Allugoro, selain itu kadang AC tidak menyala karena banyak yang tidak tahan.

Mengunjungi Morowali Utara dari Poso

Poso ( ± 221 KM menuju Morowali Utara-Kolonodale)Jika anda mempunyai uang lebih, alangkah baiknya anda menggunakan Pesawat hingga Poso. Penerbangan kearah Poso dibuka kembali sekitar tahun 2009. Jadi istilahnya anda memotong kompas perjalanan anda. Waktu tempuh ke Morowali sekitar 4.5 hingga 6 jam.

Rute perjalanan tersebut sama seperti yang saya sebutkan diatas. Poso-Tentena-Taripa-Lembontonara-Tomata-Beteleme, kita akan kembali dikoyak-koyak oleh jalan yang membuat pantat kita selalu bergeser dari tempat duduknya. Jangan sampai anda membuat jalan sendiri, akibatnya akan fatal ( Jurang yang menunggu anda ).

Beteleme-Tompira-Kolonodale, inilah daerah yang sudah masuk ke daerah Morowali Utara, jalan datar tanpa banyak tikungan. Kecuali 5 KM mendekati Kolonodale.

Dari Poso ke Morowali Utara bisa menggunakan armada seperti dari Palu ke arah Morowali Utara, karena Palu-Morowali Utara melewati Poso.

Mengunjungi Morowali Utara dari Luwuk

Luwuk ( ± 225 KM menuju Morowali Utara -Kolonodale)

Jika anda mempunyai uang lebih untuk mengunjungi Kabupaten Morowali Utara, alangkah baiknya anda menggunakan Pesawat hingga Luwuk ( Banggai ). Dari Luwuk perjalanan ke Morowali ada 2 pilihan :

Jalur Luwuk – Kolo – Kolonodale

Luwuk – Kolo perjalanan darat selama 3 jam. Di Kolo harus menginap atau menyesuaikan waktu sampainya di Kolo, dipaskan dengan perjalanan Laut, karena penyeberangan dari Kolo ke Kolonodale sekitar jam 9.00 Wita ( Pagi ) dan sampai Kolonodale 17.00 Wita ( Sore ).

Jalur Luwuk – Ampana – Tentena – Taripa – Lembontonara – Tomata – Beteleme – Kolonodale

Perjalanan ini ditempuh sekitar 12 Jam, perjalanan darat tentunya. Ada jasa rental mobil atau travel.

Mengunjungi Kabupaten Morowali Utara dari Makassar

Jarak dari Makasar ke Morowalu Utara sejauh 700 KM menuju Morowali Utara-Kolonodale. Perjalanan dari arah makassar dapat ditempuh melalui Soroako dengan jarak Soroako Morowali Utara sekitar 80 KM menuju Morowali Utara-Kolonodale. Di Soroako terdapat Bandara Udara Non Komersil PT Vale Indonesia yang dulunya adalah PT INCO.

Jika terdapat kursi dalam penerbangan Non Komersil tersebut, kita bisa membeli tiket pesawat ke arah Soroako tersebut, namun harga tiket terasa sangat mahal bila bukan Karyawan PT Vale Indonesia. Dan jika sudah mendapatkan tiket pun, hati-hati, bila ternyata ada karyawan PT Vale Indonesia tiba-tiba membutuhkan tiket tersebut, tiket kita pasti akan di Re-Fund.

Mengunjungi Kabupaten Morowali Utara Dari Soroako kita bisa menggunakan Ojek menuju Pelabuhan Soroako untuk menyeberang Danau Matano kearah Nuha. Dari Nuha menuju Morowali Utara ( Kolonodale ), bisa menggunakan travel Mega Mas, Liman, Adhi Putra atau travel-travel pribadi. Waktu tempuh dari Nuha ke Morowali Utara ( Kolonodale ), sekitar 2.45 Jam. Jika lancar dan tanpa berhenti.

Jika tiket pesawat menuju Soroako Full Book, jangan kawatir, ada pesawat perintis komersil dapat landing di Bandar Udara Masamba. Tentunya bagi yang dapat merengkuh kocek lebih. Dari Masamba, perjalanan dilakukan melalui darat melalui Soroako ( 4 Jam dari Masamba ke Soroako ) dan menyeberang Danau Matano kearah Nuha. Dari Nuha menuju Morowali Utara ( Kolonodale ), bisa menggunakan travel Mega Mas, Liman, Adhi Putra atau travel-travel pribadi. Waktu tempuh dari Nuha ke Morowali ( Kolonodale ), sekitar 2.45 Jam. Jika lancar dan tanpa berhenti.

Bila kocek anggaran kita pas-pasan, kita bisa hanya sampai Makasar. Dari Makasar perjalanan kita bisa dilanjutkan melalui darat menuju Morowali Utara. Waktu tempuh 12 jam hingga Soroako, penyeberangan 30 Menit, dan dari Nuha ke Morowali Utara-Kolonodale- sekitar 2.45 Jam.

Banyak jasa tranportasi yang melayani hingga Morowali Utara, yaitu :

  1. Bus Liman
  2. Bus Mega Mas
  3. Bus Adhi Putra

Jasa transportasi yang hanya sampai Soroako, yaitu :

  1. Bus Bintang Timur
  2. Bus Litha

Harga Bus tersebut bervariasi yaitu Rp 90.000 – 180.000 sampai di Soroako. Selanutnya melanjutkan perjalan ke Morowali Utara anda harus mengeluarkan anggaran sekitar Rp 80.000 – 120.000. Harga tersebut sebelum keniakan BBM.

Mengunjungi Kabupaten Morowali Menggunakan Pesawat Udara

Bagi anda yang ingin mengunjungi Kabupaten Morowali tidak perlu lagi berlama-lama, karena fasilitas penerbangan telah tersedia. Maskapai perusahaan penerbangan swasta nasional Indonesia Air Transport telah menerbangi secara reguler rute Makassar – Bungku, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Maskapai penerbangan swasta nasional Indonesia Air Transport akan mulai menerbangi secara reguler rute Makassar – Bungku, Kabupaten Morowali pada 1 April 2017 dengan harga tiket sebesar Rp1.350.000/penumpang.

Penerbangan ini akan dilayani dengan pesawat jenis ATR 42-500 yang berkapasitas 45 tempat duduk setiap hari Selasa dan Sabtu. Pesawat akan lepas landas dari Makassar ke Bandara Maleo Morowali pada pukul 09.30 dengan lama penerbangan 70 menit, dan langsung kembali ke Makassar dari Bandara Maleo pukul 11.00 Wita.

Pemkab Morowali, kata Jufri, mengaku lega setelah adanya maskapai yang siap menerbangi rute ini secara reguler, walaupun frekuensinya masih terbatas hanya dua kali seminggu.  Penerbangan ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian daerah, memperlancar aktivitas pemerintah dan masyarakat serta diharapkan meningkatkan kunjungan wistawan. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Pulau Sombori yang memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Kepaluan Raja Ampat.

Demikian cara Mengunjungi Kabupaten Morowali Utara dari berbagai daerah di sekitarnya.

Scroll To Top