Breaking News

Keindahan Pulau Sombori Morowali Sulawesi Tengah

Ads By Google

Keindahan Pulau Sombori Morowali Sulawesi Tengah – Pulau Sombori memiliki keindahan yang luar biasa dan telah digadang-gadang sebagai tempat wisata populer di masa akan datang. Banyak yang menggap bahwa Pulau Sombori adalah kepulauan Raja Ampat, karena pesona pulau yang satu ini sangat mirip dengan kepulauan Raja Ampat yang ada di ujung timur Indonesia.

Letak Pulau Sombori sebenarnya berada dalam Wilayah Sulawesi Tengah, namun lebih dekat dengan dengan Ibukota Sulawesi Tenggara Kendar. Hali ini banyak yang menganggap bahwa Sombori berada di Kendari, sehingga banyak  yang mengaikan dengan Sombori Kendari.

Wisata Sombori merupakan salah satu tempat wisata di Morowali, yang saat ini menjadi destinasi tempat wisata di Bungku. Karena keindahannya banyak di temukan video pulau sombori yang di upload oleh para pelancong.

Pulau Sombori tergolong tempat wisata yang baru, namun pesonanya yang tidak kalah indah dengan Raja Ampat, maka pulau cantik ini sering disebut Kepulauan Raja Ampat yang berada di Morowali, Sulawesi Tengah. Selain itu Pulau Sombori juga mewakili keindahan Bunaken dan Wakatobi, mungkin karena dekat dengan Pulau Wakatobi.

Pulau Sombori Morowali

FotoInstagram by @yurikosonambela

Bagi pelancong wisata, sebelum berkunjung ke sana, sebaiknya perlu anda diketahui beberapa hal yaitu :

Hal yang pertama yang harus anda ketahui adalah bagaimana mengunjungi kabupaten morowali dan telah diberikan dalam artikel terpisah anda dapat buka di link : Mengunjungi Kabupaten Morowali.

Maskapai penerbangan swasta nasional Indonesia Air Transport akan mulai menerbangi secara reguler rute Makassar – Bungku, Kabupaten Morowali pada 1 April 2017 dengan harga tiket sebesar Rp1.350.000/penumpang.

Penerbangan ini akan dilayani dengan pesawat jenis ATR 42-500 yang berkapasitas 45 tempat duduk setiap hari Selasa dan Sabtu. Pesawat akan lepas landas dari Makassar ke Bandara Maleo Morowali pada pukul 09.30 dengan lama penerbangan 70 menit, dan langsung kembali ke Makassar dari Bandara Maleo pukul 11.00 Wita.

Bagaimana cara ke Pulau Sombori

Setelah anda berada di Ibukota Kabupaten Morowali, maka langkah selanjutnya adalah menuju ke Pulau Sombori. Perlu anda ketahui bahwa Pulau Sombori ini berada di Desa Mbokitta, Kecamatan Menui, Morowali, Sulawesi Tengah.

Salah satu alternatif untuk menuju ke Pulau Sombori Morowali melalui kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun Wiasata Palu tidak menyarankan, karena disamping jaraknya cukup jauh, dan tentu memakan biaya yang cukup mahal.

Bagi pelancong, sebaiknya langsung menuju Ibu Kota Kabupaten Morowali yaitu Bungku, karena disana telah tersedia bandara udara yang dapat diakses langsung dari Makassar. Selain itu Penginapan di Kabupaten Morowali cukup tersedia dan anda dapat langsung menuju Pulau Sombori Morowali melalu Pelabuhan Bungku.

Jika ingin menikmati pesisir pantai Morowali anda dapat menggunakan transportasi lokal menuju pelabuhan Lafeu (waktu tempuh 1-2 jam). Dari sana anda cukup menggunakan transportasi laut dengan waktu tempuh sekitar satu jam sampai di Pualu Sombori.

Bagi yang nekad melalui kota Kendari, Sulawesi Tenggara, anda harus mengikuti perjalanan menuju pelabuhan Lafeu ditempuh selama 5-6 jam.

Selain itu, bisa juga diakses dengan menggunakan kapal penumpang dari Pelabuhan Kendari ke Pulau Kaleroang sekitar 7-8 jam. Namun, kapal penumpang ini hanya beroperasi di hari-hari tertentu saja.

Dari pelabuhan dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan dengan perahu untuk sampai di Kepulauan Sombori. Sepanjang perjalanan ini kita akan diapit pulau-pulau kecil.

Bagaimana akses ke Pulau Sombori

Bagaimana penginapan di Pulau Sombori..?
Bagi anda yang akan melakukan perjalanan wisata ataupun perjalanan bisnis ke wilayah Kabupaten Morowali dan memerlukan informasi seputar hotel / penginapan yang berada disana. Berikut ini terdapat daftar informasinya. Silahkan disimak dibawah ini.

  1. Hotel Galang : Jl. Abdul Wahab No.7, Marsaoleh, Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94973, Indonesia, Telp: +62 813-5443-9700
  2. Penginapan Bintang Marsaoleh, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi, Indonesia,  Telp: +62 812-1446-4348
  3. Hotel Metro Bungku : Kompleks Perkantoran Fonuasingko, Bente, Bungku Tengah, Bente, Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94973, Indonesia, Telp: +62 823-9339-7973
  4. Kos Eggionk : Unnamed Rd,, Tofuti, Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94973, Indonesia
  5. Kos H. Taherdin : Jl. Trans Sulawesi, Desa Bente, Bente, Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94973, Indonesia, Telp: +62 852-9870-2863
  6. Sriwijaya Kos : Matansala, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi 94973, Indonesia, Telp: +62 852-6867-1110
  7. Kos Matansala : Jl. Trans Sulawesi, Matansala, Matansala, Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94973, Indonesia
  8. La’Tanete Beach Hotel : Jl. Trans Sulawesi, Bahomohoni, Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah 94973, Indonesia Telp: +62 813-4290-1170
  9. Penginapan Rezeki : Marsaoleh, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi 94973, Indonesia, Telp: +62 813-4135-2370
  10. Hotel KAFQA Bahomohoni, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi 94973, Indonesia, Telp: +62 811-4503-008
  11. Penginapan Hati Mulia : Marsaoleh, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi, Indonesia
  12. HotelMetroMorowali : Bente, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi 94973, Indonesia
  13. Penginapan ANUNTA LAMA : Lamberea, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi 94973, Indonesia, Telp: +62 852-4031-9030
  14. Penginapan Le’Labua : Bahomohoni, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi, Indonesia
  15. Penginapan Lima Satu : Matano, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi, Indonesia, Telp: +62 853-1030-3063
  16. Penginapan Sriwijaya : Matansala, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi 94973, Indonesia
  17. Penginapan Wisata Laut Bungku : Tofoiso, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi, Indonesia
  18. Penginapan Tanjung Alam : Bente, Central Bungku, Morowali Regency, Central Sulawesi 94973, Indonesia, Telp: +62 823-4437-7335

Apa saja jenis wisata Pulau Sombori Morowali

Pulau sombori yang berlokasi di morowali ini menawarkan keindahan alam dan panorama bawah laut yang menakjubkan, karna keindahannya banyak para wisatawan menyebutnya sebagai “sepetak surga yang jatuh di lautan morowali” jika sobat matajatim menyukai snorkeling maka pulau ini layak untuk anda kunjungi. di wisata pulau sombori ini anda akan di manjakan dengan pemandangan bawah laut dengan beraneka bentuk warna dan jenis binatang karang yang akan memanjakan pemandangan anda.

Pulau Sombori memiliki perpaduan keindahan ala Raja Ampat, Wakatobi, dan Bunaken dalam satu spot. Pulau yang eksotis ini juga memiliki hamparan pasir putih dan terumbu karang yang tak terjamah.

Gua Pulau Sombori Morowali

fotoInstagram by : @sndocs

Petualangan berlanjut ke pulau berikutnya, Pulau Dua. Jaraknya sekitar dua jam pelayaran dari Bogita. Jika dikelilingi cuma butuh waktu 30 menit saja.

Puas dengan pesona Pulau Dua, destinasi berlanjut ke Pulau Koko yang berjarak sekitar satu jam. Keunikan dari pulau ini adalah diapit oleh lautan yang bisa terlihat kasat mata.

Perjalanan pun berlanjut ke pulau terakhir, Pulau Kayangan. Pulau ini adalah spot terbaik untuk melihat keindahan Kepulauan Sombori.

Tak mudah mencapai Puncak Kayangan. Selain harus memanjat tebing terjal yang merupakan batuan granit dan karang, pulau ini juga tak memiliki daratan datar sekadar untuk berpijak.

Tapi, keindahannya memang luar biasa. Tak heran bila Kepulauan Sombori diprediksi akan menjadi primadona destinasi wisata untuk tahun 2017.

Ketika memasuki kawasan Pulau Sombori Morowali, Anda akan disambut oleh tebing karang di kanan dan kiri, dengan lautan yang berombak. Barulah ketika masuk semakin dalam, hamparan lautan tenang nan memukau, menanti untuk Anda nikmati. Kawasan Sombori terdiri dari gugusan pulau karang yang menakjubkan, layaknya Raja Ampat. Ada yang hanya berupa karang menonjol, ada pula pulau karang besar yang ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Pepohonan ini menjadi tempat bertengger burung-burung.

Kepulauan Sombori Morowali diperkenalkan lewat Festival Bajo Pasakayyang pada 21 November 2015 di Pulau Kaleorang. Bagi Anda yang menyukai snorkling Pulau Sombori adalah pilihan yang tepat, karena pemandangan bawah laut di Pulau Sombori tidak kalah luar biasa dan mampu memanjakan mata Anda. Beraneka warna dan bentuk binatang karang, terhampar lautan. Selain itu, Pulau Sombori Morowali ini dikelilingi oleh pasir putih nan menawan.

Dengan luas yang tidak kalah jauh dari Raja Ampat, tentu saja Pulau Sombori bisa dijadikan tempat yang pas untuk snorkeling dan diving. Dua spot terbaik untuk snorkeling dan diving di Pulau Sombori adalah Pulau Koko dan Pulau Dua Laut. Di Pulau Koko terdapat dua pantai yang dikenal dengan lambaian pohon kelapanya, sehingga memberikan kesejukan yang luar biasa. Saking jernihnya air di Pulau Koko, kamu bisa melihat jelas ikan–ikan kecil berenang.

Keindahan Pulau Sombori Morowali

Foto by Instagram @citra_ratna_intan

Sedangkan, Pulau Dua Laut adalah pulau kecil yang dihuni oleh kurang lebih 30 keluarga nelayan. Pulau Dua Laut dikelilingi pasir putih yang menawan. Keistimewaan pulau ini adalah terdapat aquarium point yang sangat besar dan indah. Lokasi pertama untuk snorkeling berada pada salah satu pantai yang sedikit menjorok, tapi spot tersebut sedikit dangkal. Supaya snorkeling kamu lebih puas, sebaiknya cari spot snorkeling yang jauh dari bibir pantai.

Variasi terumbu karang dengan hiasan ikan-ikan warna warni bisa ditemukan pada kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut. Namun, bagi pengunjung yang nggak bisa menyelam, suguhan yang nggak kalah indah tetap bisa dinikmati dengan mata telanjang pada bagian spot snorkeling yang sedikit dangkal

Goa pertama yang harus dikunjungi adalah Goa Berlian yang terletak di pulau lain di bibir daratan Sulawesi yang menghadap Mbokitta. Disebut Goa Berlian soalnya stalaktit di dalam gua sangat berkilau bak berlian jika tersapu cahaya goa. Karena letak goanya berada di tebing, kamu harus membutuhkan usaha keras untuk menaiki tebing dengan kemiringan 70-80 derajat. Ketinggian Goa Berlian adalah sekitar 10 meter dari permukaan laut. Goa Berlian belum lama ditemukan karena Pulau Sombori masih tergolong sepi. Namun, menurut pengakuan seorang nelayan di sana, di Goa Berlian ada tiga peti emas.

Goa kedua yang harus dikunjungi adalah Goa Tengkorak. Sesuai namanya, di Goa Tengkorak terdapat tengkorak manusia yang belum diketahui asal-usulnya. Goa Tengkorak juga berada di tebing sekitar 40 meter dari permukaan laut.

Apa saja makanan khas morowali

Sementara itu, mengunjungi satu tempat tanpa mencoba kulinernya tentu kurang pas. Di sini Anda wajib mencicipi ikan jigo bakar. Ikan besar dengan cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan dibakar.

cara ke pulau sombori, tempat wisata di bungku, akses ke pulau sombori, pulau sombori kabupaten morowali sulawesi tengah, video pulau sombori, wisata sombori, makanan khas morowali, tempat wisata morowali.

Scroll To Top