Home Wisata Hotel Kuliner Budaya

Kamus Online

Terjemahan Bahasa Kaili ke Indonesia atau Sebaliknya


Sponsored Link..!!

Kamus Bahasa Kaili

Translate bahasa kaili ke Indonesia maupun ke bahasa Inggris sangat penting artinya dan sangat diperlukan kehadirannya. Terutama dalam menghadapi era pasar bebas Asean Free Trade Area (AFTA).

Kamus ini tergolong sebagai sebuah terbitan yang masih langka, sehingga diharapkan akan mendapat respect positif dari berbagai kalangan masyarakat yang membutuhkannya. Kamus ini diharapkan pula untuk dapat memenuhi tuntutan masyarakat penutur bahasa Kaili, terutama kalangan pelajar. Sebagai usaha mereka meningkatkan penguasaan dan pemahaman bahasa Indonesia maupun bahasa Inggrisnya melalui bacaan-bacaan. Selanjutnya, diharapkan pula agar kamus ini dapat membantu mereka yang ingin menambah kemampuan berbahasa Kaili. Menambah pengetahuan mengenai kata-kata dan sekaligus mempelajari pemakaiannya dalam contoh-contoh kalimat dalam bahasa Kaili.

Pilih

Masukkan Kata


Sponsored Link..!!

Hasil Terjemahan

Terjemahan bahasa Palu atau Bahasa kaili merupakan sumbangan besar yang sangat berharga bagi pembinaan dan pengembangan bahasa di Indonesia. Penutur bahasa Kaili terdapat di Kabupaten Donggala dan KotaMadya Palu di Propinsi Sulawesi Tengah. Bahasa Kaili terdiri dari beberapa bahasa atau dialek, dan yang paling terkenal adalah bahasa Ledo. Masing-masing dialek atau bahasa mempunyai kata tersendiri untuk "tidak" dan kata itu seringkali menjadi nama dialek itu, misalnya Ledo, Rai, Doi, Tara, Ija, Taa, Inde, Edo, Ado, Unde, Da'a, dsb. Seringkali juga, nama daerah dipakai sebagai nama suatu dialek, misalnya bahasa Ledo sering juga disebut bahasa Palu. Suku Kaili sudah lebih dari 350,000 jiwa dan di antaranya paling sedikit 150,000 yang berbahasa Ledo.

Terjemahan Bahasa Kaili didasarkan pada bahasa Kaili-Ledo, khususnya Ledo yang dipakai oleh orang Raranggonau yang dianggap bahasa Ledo yang asli. Walaupun masing-masing kelompok dan dialek mempunyai ciri khas tersendiri, ada banyak persamaan antara bahasa Ledo dan bahasa atau dialek Kaili lainnya. Kalau semua istilah dari semua bahasa dan dialek Kaili disusun dalam satu kamus, barangkali kamus itu menjadi terlalu besar sehingga tidak ada yang mampu mengangkatnya. Oleh karena itu, diharap kamus ini bisa menjadi dasar pijakan bagi peneliti lain yang ingin menyusun kamus bahasa atau dialek Kaili lainnya.

Terjemahan Bahasa Kaili - Ledo ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris berdasar hasil penelitian yang dilaksanakan pada tahun 1987-1992 oleh Proyek Kerjasama Universitas Hasanuddin - SIL serta Universitas Tadulako dengan peneliti asing Donna Evans, M.A. Tim Penyusun terdiri dari Selvina Sarikuna, B.A., Demi Bonga, Bapak Guru Pandeira Lamanusu, dan masyarakat desa Maranata dan Raranggonau di Kecamatan Sigi-Biromaru, dan desa Rejeki dan Banpres di Kecamatan Palolo.

Quote of the day: live life