Breaking News
Kamus Bahasa Kaili-Indonesia, Belajar bahasa daerah Sulawesi Tengah

Kamus Bahasa Kaili-Indonesia, Belajar bahasa daerah Sulawesi Tengah

Ads By Google

Kamus Bahasa Kaili – Indonesia, sarana belajar bahasa daerah Sulawesi Tengah. Saat ini banyak wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal yang mengunjungi kota Palu, kami memprediksi akan banyak kesulitan ketika memasuki daerah Palu yang penduduknya tidak mengerti bahasa Indonesia. Menanggapai hal tersebut situs wisatapalu.com memberikan sebuah halaman sederhana yang dapat menterjemahkan bahasa Indonesia ke Bahasa Kaili. Berikut contoh halaman kamus kaili online yang dikembangkan.

Kamus Bahasa Kaili Online

Kamus Bahasa Kaili Online

Kami menyadari jumlah kata yang terdapat di dalamnya masih sedikit, namun kedepan akan kami kembangkan sehingga dapat di akses menggunakan Android dengan jumlah data base yang lebih banyak.  Dukungan dari masyarakat dan Pemerintah Daerah kota Palu sangat kami harapkan untuk pengembangan kamus bahasa kaili ini terutama untuk validasi kata yang ada. Karena banyaknya jenis bahasa kaili maka saat ini kami membatasi pada jenis bahasa Kaili LEDO, dan tidak menutup kemungkinan kedepan akan kami kembangkan untuk jenis bahasa kaili TARA, RAI, UNDE dan jenis lainnya.

Akses kamus bahasa Kaili dengan mengunjungi halaman yang disediakan. Semoga dengan hadirnya kamus sederhana ini menjadikan kota Palu dan Penduduk Kaili semakin dikenal bahasa dan Budayanya. Bagikan keteman-teman anda sebagai wujud untuk memperkenalkan Tanah Kaili di Seantero Dunia.. Kamaimo…

Kunjungi halaman kamus kaili online


KAMUS KAILI ONLINE

Bahasa kaili merupakan sumbangan besar yang sangat berharga bagi pembinaan dan pengembangan bahasa di Indonesia. Penutur bahasa Kaili terdapat di Kabupaten Donggala dan KotaMadya Palu di Propinsi Sulawesi Tengah. Bahasa Kaili terdiri dari beberapa bahasa atau dialek, dan yang paling terkenal adalah bahasa Ledo. Masing-masing dialek atau bahasa mempunyai kata tersendiri untuk “tidak” dan kata itu seringkali menjadi nama dialek itu, misalnya Ledo, Rai, Doi, Tara, Ija, Taa, Inde, Edo, Ado, Unde, Da’a, dsb. Seringkali juga, nama daerah dipakai sebagai nama suatu dialek, misalnya bahasa Ledo sering juga disebut bahasa Palu. Suku Kaili sudah lebih dari 350,000 jiwa dan di antaranya paling sedikit 150,000 yang berbahasa Ledo.

Berikut beberapa contoh  yang diambil dari kamus bahasa kaili untuk huruf B :

akala

akala n. cara, jalan, siasat, niat. method, tactic, strategy, plans. Hitumo akalaku. Ini niat yang akan saya buat. This is what I’ll do. Lihatlah: dala.

noakala v. 1) memberi alasan. give excuses. 2) bersiasat; banyak niat yg mau dicoba-coba; licik. full of various plans and strategies to achieve s.t.; cunning.

nombaakalani v.       mengkhianat;       menipu;
mengakali; tipu muslihat; mengelabui. betray; trick; double-cross; misrepresent s.t.

neakalani v. menipu. deceive.

topeakalani n. penipu. con artist, deceiver. nompangakalani vt. menyembunyikan s.s. dari s.s.o. to hide s.t. from s.o.

akeka

noakeka v. acara menyembelih kambing. ritual of sacrificing a goat. Dibuat pada waktu orang mati dalam agama Islam. Kambing dimandikan, disisir, dibedaki, dan diperlihatkan dalam cermin sebelum disembelihkan. Katanya dinaikkan orang mati untuk pergi ke surga. Darah dibiarkan jatuh ke tanah dan dikuburkan, tidak diambil. Dibuat pada pesta terakhir atau yg dianggap yg terbesar. (bisa hari ke-20, ke-40 atau ke-100). Done at the last ceremony of Muslim death, the goat is bathed, combed, powdered, made to look in a mirror before it is sacrificed. Said to be ridden to heaven by the dead person. The blood is not caught but is allowed to flow onto the ground and is buried. Done at the last big feast, whether the 40th day or the 20th or the 100th day, whichever is taken as the “last” or big feast. Lihatlah: nipopadu.

aki1 n. accu. car battery.

aki2 n. rakit. raft.

aku1 pro. saya; aku; 1tg. I; me; 1sg. Bentuk lain:

yaku.

akupa pro. giliran saya. my turn.

aku2

nangaku v. 1) mengaku. confess. 2) monopoli; maunya untuk diri sendiri. selfish.

nompangaku v. mengakui. acknowledge, admit.

nompangakusi vt. menyatakan hak atas milik orang lain. claim s.o. else’s things as your own. Nipangakusi i Yalimo pomanggiku. Yali menyatakan hak atas cangkul saya. Yali claims my hoe belongs to him.

ala1

nangala v. mengambil. take. Ane radekeina ka yaku, kuala. Kalau diberikan kepada saya, saya akan mengambil. If he gives it to me, I’ll take it.

pangala n. tempat mengambil s.s. place to get s.t. Ri umba pangalamu susu kate namomi gaga? Di mana kau ambil susu yang begitu manis? Where did you get such very sweet milk?

nepangala Lihat kata induk: pangala.

nialasi v. diambil tanpa izin pemilik. take away s.t. without the owner’s permission.

Beberapa terjemahan bahasa kali untuk huruf A telah di posting sebelumnya.

Scroll To Top