Breaking News
Danau Wanga Poso Sulawesi Tengah

Danau Wanga Poso Sulawesi Tengah

Ads By Google

Danau Wanga Poso – Sulawesi Tengah memiliki banyak sumber daya alam yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai objek wisata. Kawasan pantai Sulawesi Tengah banyak yang eksotik dan menarik perhatian para wisatawan asing. Belum lagi terdapat danau, gunung dan sungai semuanya belum tereksplorasi.

Tempat wisata di luar negeri dan beberapa daerah di Indonesia banyak yang menawarkan danau atau sungai. Sementara di Sulawesi Tengah  justru keberadaan sungai dan danau kurang ditata. Wisata danau dan sungai bisa menyedot wisatawan dalam jumlah besar. Sayangnya, pemerintah daerah belum mampu mengoptimalkan dua tempat itu sebagai destinasi wisata unggulan. Mengoptimalkan Sungai dan Danau Menjadi Destinasi Wisata sangat layak di jual.

Terdapat beberapa danau dan ribuan kilometer sungai yang ada di Sulawesi Tengah. Namun, mengapa belum dapat menjadi daya tarik atau magnet wisatawan?

Di Provinsi Sulteng terdapat beberapa danau dan laguna mulai dari ukuran besar sampai kecil. Beberapa danau tersebut adalah Danau Poso, Danau Lindu, Danau Silibi, Danau Wanga, Danau Talaga, Danau Rano, Danau Tambing, Danau Bolano. Selain itu terdapat laguna seperti tasilaha, yang di sekitarnya terdapat permukiman atau lahan pertanian dan aktivitas warga lainya (Sumber : @abed petta laja dari halaman facebooknya).

Salah satu objek wisata yang sering dikunjungi dan sudah terkenal di kalangan wisata lokal adalah danau tambing. Objek wisata Danau Tambing yang memiliki daya tarik utama yang bersumber pada keindahan alam. Sumber daya alam yang dimiliki dan tata lingkungan yang terletak di lingkungan dataran tinggi.

Tidak jauh dari danau tambing terdapat sebuah danau yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu danau Wanga.

Danau Wanga Poso

Kali ini akan dibahas sebuah danau yang berada di Kecamatan Lore yaitu Danau Wanga. Menurut @ IWayan Sudhyta, danua ini merupakan tempat wisata baru. Dia menyatakan “ 1 Lagi danau yg baru di buka jadi tempat Wisata, namax Danau Wanga diLembah Napu. 1,5 Jam dari danau Tambing. Kalo di danau Tambing kalian bisa kemping, di sini kalian juga bisa mancing mania & merasakan segarnya Udara Lembah Napu. Ut menjaga kebersihan & kelestarian Danau, sampah masing2 wajib di bawa pulang yah” Sumber : IWayan Sudhyta

Berdasarkan dua status di atas wisatapalu.com mencoba menelusuri beberapa informasi tentang Danau Wanga. Obyek wisata Danau Wanga berada di Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. Tempat wisata ini tergolong baru dikembangan pemerintah di daerah, namun saat ini mulai banyak dikunjungi wisatawan, termasuk dari mancanegara.

Salah seorang warga yang tinggal di Desa Wanga membenarkan setiap hari libur, banyak wisatawan yang datang menikmati obyek wisata yang berjarak sekitar 100 km dari Kota Palu. Beberapa bulan terakhir banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung. Kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata danau Wanga berupa mancing ikan dan beberapa kegiatan lainnya seperti berkemah.

Berdasarkan hasil penelusuran Danau Wanga berada di tengah-tengah padang safana. Danau Lawanga dihuni berbagai jenis ikan air tawar seperti mujair, sugilih, ikan mas, ikan gabus, ikan nila dan ikan lele.

mancing di Danau Wanga

Bagi anda yang penasaran seperti apa keindahan tempat wisata Danau Wanga, Anda dapat mencapai lokasi ini dari Palu dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat sampai di desa Wanga. Selanjutnya, anda meneruskan perjanan menuju obyek wisata dengan berjalan kaki menyusuri padang safana.

Saaat melakukan perjalanan menuju Danau Wanga, anda akan disuguhi keindahan alam yang sangat memukau. Keindahan hamparan padang safana yang terlihat tanpa titik batas, membuat anda terkagum-kagum.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Sudayatna mengatakan Danau Wanga terletak diluar kawasan Taman Nasional. Saat ini pemerintah daerah Kabupaten Poso mendorong obyek wisata ini dikembangkan menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Sulawesi Tengah.

Danau Wanga cukup indah dan sangat disukai para wisatawan yang memiliki hoby memancing ikan. Namun untuk lebih menarik, tentu Pemkab Poso harus mengembangkan dengan membenahi sarana dan prasana yang dibutuhkan seperti jalan dan listrik. Begitu pula perlu dibangun rumah-rumah untuk tempat menginap para wisatawan.

Salah satu syarat agar tempat wisata memiliki daya tarik maka harus dikelola dengan baik. Jika obyek wisata itu telah dikelolah dengan bagus dengan memberikan paket wisata dengan sejumlah obyek wisata yang ada di dataran Lore seperti Danau Tambing, Danau Wanga dan berbagai jenis benda purbakala yang ada Lembah Bada dan Besoa. 

Danau dan sungai merupakan suguhan alam spesial. Tren wisatawan saat ini yang di gemari adalah danau dan sungai, selain itu alternatif tujuan kunjungan yaitu wisata kota dan wisata sejarah.   

Danau sebagai salah satu bentuk mata air yang ada di wilayah daratan mempunyai banyak sekali  keistimewaan. Tidak hanya mempunyai fungsi bagi semua yang ada di sekitarnya, namun juga menyimpan nilai keindahan. Air yang berada di tengah-tengah daratan tentu saja akan membawa banyak sekali fungsi atau manfaat. Beberapa manfaat danau ini antara lain sebagai berikut:

  • Memenuhi kebutuhan air sehari hari

Manfaat dari danau yang pertama adalah memenuhi kebutuhan air sehari- hari. Manusia, biantang dan juga tumbuhan pastilah mempunyai kebutuhan terhadap air yang besar setiap harinya, maka danau ini membantu menyediakan kebutuhan air yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari ini. Air yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari- hari ini bisa jadi untuk minum, membersihakn diri atau badan, serta membersihkan pakaian dan lain sebagainya.

  • Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Fungsi danau yang selanjutnya adalah menjadi penyumbang pembangkit listrik. Danau bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Kekuatan air yang dimiliki oleh danau ini energinya bisa dirubah menjadi salah satu jenis pembangkit listrik. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi manusia sebagai pengguna listrik. Sehingga danau akan menunjang terbentuknya aliran listrik yang nantinya manfaat dari listrik tersebut akan kembali dirasakan oleh manusia.

Dengan adanya listrik maka kehidupan manusia akan lebih modern dan juga lebih mudah dan terarah. Listrik juga bisa dengan mudah membantu kehidupan manusia sehari- hari dalam berbagai bidang. Dan listrik bisa dihasilkan oleh beberapa macam jenis pembangkit listrik, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA), Pembangkit Listrik tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan lain sebagainya.

  • Sebagai sarana atau sumber irigasi

Fungsi danau yang selanjutnya adalah sebagai sumber irigasi. Irigasi yang dimaksudkan adalah pengairan untuk mengairi area pertanian. Danau sebagai tempat yang menampung banyak air tawar akan sangat membantu untuk mengairi area pertanian. Dengan demikian pertanaian akan mendapatkan cukup air untuk memenuhi atau mengairi tanaman- tanaman yang ada di area tersebut.

  • Membantu proses produksi barang

Danau juga bisa dimanfaatkan untuk membantu proses produksi barang. Hal ini biasa terjadi di pabrik- pabrik besar yang dalam kegiatan produksinya membutuhkan supply air yang banyak. Biasanya pabrik- pabrik besar demikian ini akan memanfaatkan air danau untuk memenuhi kebutuhannya. Air danau yang banyak tersebut akan bisa melancarkan proses produksi sebuah pabrik.

  • Tempat rekreasi atau wisata

Fungsi yang selanjutnya dari danau adalah danau sebagai salah satu tempat rekreasi. Hal ini sudah bukan menjadi hal baru lagi. Banyak danau- danau yang dibuka sebagai tempat wisata yang umumnya dikunjungi wisatawan. Hal ini karena pemandangan indah yang ditawarkan di sekitar danau. Danau memang biasanya dikelilingi oleh lingkungan yang masih rindang atau memiliki banyak pohon. Hal ini tentu saja akan memberikan pemandangan yang sangat indah sehingga sangat sayang jika dilewatkan. Selain menikmati pemandangan, kita juga dapat menikmati berbagai wahana air yang telah disiapkan.

Beberapa danau yag telah dibuka untuk tempat rekreasi telah mempersiapkan atau menyediakan berbagai wahana air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, seperti perahu dayung, motor boat, dan lain sebagainya. Selain wahana permainan air, ada juga danau yang menyediakan fasilitas bagi para pemancing. Hal ini tentu saja akan menarik perhatian dari kalangan pemancing khususnya untuk selalu rajin mengunjungi danau untuk menyalurkan hobinya. Danau ini juga merupakan wisata alam yang asri dan murah untuk semua kalangan. Danau cocok dijadikan tempat wisata baik sendiri, bersama keluarga, teman atau lainnya.

  • Tempat memelihara ikan air tawar

Fungsi danau yang selanjutnya adalah sebagai tempat untuk budidaya ikan air tawar. Sebenarnya danau juga ada yang berisikan air asin, namun itu sangat jarang. Danau pada umumnya berisi air tawar dan berada di tengah- tengah daratan. Dengan adanya cekungan besar di tengah daratan ini maka kita akan mudah untuk memelihara atau membudidayakan ikan air tawar di danau tersebut. Namun dalam membudidayakan ikan air tawar nantinya harus disediakan makanan yang cukup bagi ikan- ikan tersebut. Biasanya makanan yang akan disediakan adalah makanan dari alam yang bisa berupa tumbuh- tumbuhan yang hidup di air tawar, seperti halnya enceng gondok dan lain sebagainya.

  • Pengembangan nilai budaya

Danau juga dapat digunakan untuk pengembangan nilai budaya lokal. Biasanya hal yang seperti ini masih bersifat tradisional. Sebagai contoh, danau bisa dijadikan tempat untuk upacara adat seperti larung sesajen ataupun sebagai tempat acara- acara adat lainnya. Kegiatan seperti  ini selain melestarikan nilai budaya, juga dapat merekatkan persaudaraan dan juga kerukunan antar masyarakat, sehingga masyarakat lokal pun akan semakin kuat hubungan persaudaraannya antara satu dengan yang lainnya.

  • Sarana Pendidikan dan penelitian ilmiah

Danau juga bisa dijadikan tempat untuk belajar/ edukasi  dan juga penelitian ilmiah. Ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan objek penelitian di danau. Tidak hanya air danau saja namun juga makhluk hidup yang ada di dalamnya pun juga  bisa digunakan sebagai objek penelitian. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai manusia. Karena kita akan dapat mengetahui apa saja yang terkandung di dalam danau beserta manfaatnya.

  • Sebagai sarana olahraga

Danau juga mempunyau manfaat lain, yakni dipergunakan sebagai sarana olahraga. Banyak sekali olahraga air yang kita ketahui dan sering dilakukan oleh orang- orang, seperti jet ski, dayung, paralayang, dan lain sebagainya. Jika olahraga membutuhkan tempat atau sarana air yang cukup besar, maka danau bisa menjadi tempat untuk melakukan olahraga tersebut. Danau dengan ukuran yang cukup luas bisa digunakan sebagai tempat berolahraga secara umum karena bisa menampung orang yang olahraga dalam jumlah banyak. Selain itu danau juga bisa digunakan sebagai arena pertandingan olahraga air karena bisa menampung banyak peserta lomba.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita peroleh dari adanya danau ini. danau yang ada di sekitar kita atau berada di wilayah daratan tertentu pastilah mempunyai banyak manfaat, bahkan lebih dari yang telah disebutkan. Manfaat dari danau terkadang kita sadari ataupun tidak. Meskipun terkadang kita tidak menyadari kebermanfaatan dari danau ini, namun kita sebagai manusia wajib menjaga dan memelihara danau agar tetap lestari sehingga tetap bisa memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Berikut Kutipan Tentang danau yang ada di Sulawesi Tengah

Abdullah (Pengamat Kebencanaan Sulteng) …
Tsunami di Danau … :

#BangkitMandiri

Di Provinsi Sulteng terdapat bbrp danau dan laguna … dari ukuran besar sampai kecil … Misalnya: Danau Poso, Danau Lindu, Danau Silibi, DanauWanga, Danau Talaga, Danau Rano, Danau Tambing, Danau Bolano. Laguna Tasilaha, Danau Wanga, dll … yg di sekitarnya terdapat permukiman dan/atau lahan pertanian dan aktivitas warga lainx …
===== 
Bisakah terjadi tsunami di danau …?
Mari ikuti 3 informasi berikut …
—–
#Yuliana .. Warga Boladangko Kec. Kulawi asal Tomado Kec. Lindu bercerita tentang Mang (tetanggax di Tomado) ketika terjadi gempa Lindu pd 18 Agt 2012… Mang (41 tahun saat itu), spt biasanya (pd sore hari setelah bekerja seharian), turun ke Danau Lindu utk cuci kaki … sekitar 3 m dari tepi dgn air setinggi lutut … Smtra cuci kaki tiba-tiba terjadi gempa … Mang kaget krn seketika air danau di sekitarnya hilang … yg ternyata surut sejauh 3 m dr posisix … Dgn segera Mang lari ke darat … Tapi gelombang air yg balik (setelah surut) sempat menjangkaux dan membasahi sekujur tubuhnya … bahkan gelombang tsb melewati tepi danau dan mencapai jalan yg menuju danau … Akibat gempa tsb … sebagian besar rumah batu di Tomado rusak berat … dan 3 warga tewas …
—–
Kades Rano (Samin, 48 tahun) bercerita bhw ada bbrp orang warga Rano yg menjadi saksi hidup kejadian gempa/tsunami Tambu 1968. Mereka mengatakan bhw: “pada gempa Tambu 15-08-1968, air Danau Rano terguncang kuat …. Adapun gempa yg sekarang (gempa PADAGIMO pd 28-09-2019), guncangan air Danau Rano lebih lemah” …
—-
#Pasjan SatrimaFitrah (Dosen Kimia FMIPA UNTAD) bercerita: Di kolam ikan mertua saya di Dolo terjadi tsunami kecil dan menyeret beberapa gazebo tempat memancing hingga 4 meter …
=====
Laguna (lagoon) adalah “danau” dekat pantai yg masih terhubung dgn laut dan airnya asin …

Scroll To Top