Breaking News
Bagaimana Cara Mengunjungi Togean

Bagaimana Cara Mengunjungi Togean

Ads By Google

Bagi anda yang ingin mengunjungi pulau Togean, namun bingung bagaimana cara mengunjungi Togean?. Oleh karena itu pada artikel kali ini membahas bagaimana cara berkunjung ke Togean.

Melakukan backpacker ke togean adalah sesuatu yang sangat istimewa, karena disana akan mendapatkan keindahan alam yang sempurna. Sebelum mengunjungi Pulau Togean ada baiknya anda menentukan waktu terbaik mengunjungi Togean. Hal ini perlu menjadi perhatian karena cuaca sering tidak bersahabat.

Kendala cuaca yang dimaksud seperti ombak laut yang begitu besar sehingga tidak dapat menikmati perjalanan wisata Anda. Waktu terbaik mengunjungi pulau togean yaitu pada bulan Maret, April, Mei dan Juni setiap tahunnya. Kondisi alam di bulan ini cukup bersahabat karena pada bulan tersebut angin bertiup dari arah selatan.

Baca juga : Bagaimana cara mengunjungi kota luwuk

Cara Mengunjungi Togean dari Palu-Ampana

Bagaimana cara mengunjungi pulau Togean ketika anda dari Palu, yaitu menggunakan Agen Travel. Menggunakan agen travel sangat disarankan bagi yang belum pernah kesana. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak kebingungan mengurus segala keperluan. Agen wisata di Palu memberikan paket wisata togean 2019 sesuai kebutuhan anda. Tarif agen travel mengunjungi Togean dari Palu, biasanya 2 jt – 3 jt/orang. Biaya perjalanan ke pulau togean ini sudah termasuk penginapan dan makan selama anda berkunjung ke Pulau Togean.

Bagi yang ingin melakukan perjalanan sendiri anda dapat menggunakan Travel seperti “Touna Indah dan New Travel” menuju Ampana. Tarif mobil travel Palu-Ampana Rp. 200-300 rb/orang. Waktu berangkat dari Palu adalah Pagi 11.00 Wita dan Sore Jam 17.00 Wita. Jadwal ini disesuaikan dengan jam buka tutup Kebun Kopi yaitu jam 12.00-14.00 dan jam 18.00-20.00 wita.

Bagi anda yang ingin mengnjungi Pulau Togean dari Gorontalo, perlu mencari cara ke togean dari gorontalo. Biasanya Gorontalo-Togean menggunakan kapal motor atau kapal ferry, sehingga harus mengetahui jadwal keberangkatan kapal tersebut.

Jika kalian mengunjungi togean rame-rame dan tidak punya rencana trip di Palu sebaiknya sewa mobil travel. Berangkat pagi hari akan melewati banyak tempat-tempat wisata yang indah, seperti Toboli dan Poso. Meskipun kalian mampir ketempat wisata tersebut kalian tidak akan dikenakan biaya tambahan. Biaya untuk carter satu mobil travel sekitar 1 juta rupiah, yang dapat memuat hingga 8 orang.

Mengunjungi Togean dari Ampana

Sekarang kita bahas menuju togean setelah berada di Ampana. Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 8 jam Anda akan sampai di Pelabuhan Ampana. Jika dari Palu berangkat sore maka tiba di Ampana sekitar jam 24.00-01.00 wita. Tentunya suasana masih gelap gulita, setiap tempat banyak yang tutup. Namun anda tidak perlu khawatir anda untuk menaruh barang bawaan, karena anda dapat menggunakan teras tempat pembelian tiket kapal. Loket pembelian tiket Ampana-Togen dibuka pukul 07.00 pagi.

Bagaimana Cara Mengunjungi Togean

Beberapa jenis kapal Motor atau KM tersedia di pelabuhan Ampana. Salah satu kapal yaitu KM Puspita dengan tarif lumayan murah Rp 50.000,-/trip. Perjalanan anda akan menuju pulau Wakai dengan waktu tempuh selama 6 jam. Jika ingin cepat sampai dapat menggunakan speedboat dengan biaya sekitar Rp 100.000 – 150.000 setiap trip dengan waktu tempuh 3 jam. Jadwal kapal berangkat di pagi hari antara pukul 09.00 – 10.00 wita.

Kapal motor dari Ampana-Wakai lumayan besar dan memuat banyak orang dan barang. Dapat memuat motor, lemari, sofa, dan karung belanjaan masyarakat. KM seperti ini menjadi andalan warga untuk mengangkut barang-barang mereka ketika berbelanja di Ampana. Menggunakan speedboad hanya dapat memuat orang dengan tas-tas kecil. Di dalam kapal motor terdapat kabin dengan beberapa tempat tidur, sehingga anda dapat ruang untuk tidur.

Fasilitas di Pulau Togean

Perjalanan menuju Wakai akan terasa panas, namun dapt menikmati jernihnya air laut di Togean island. Sesampaianya di Wakai anda akan dijemput dengan perahu menuju penginapan (gratis jika menggunakan paket wisata togean). Menuju penginapan membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Sepanjang perjalanan akan terkagum dengan jernihnya air laut, sampai di Pulau Kadidiri (Kadidiri Island) atau Pulau Papan di Togean. Beberapa resort di pulau togean menyediakan fasilitas snorkeling dan diving. Mencari spot diving di togean tidak sulit karena hampir setiap pantai memiliki keindahan bawah laut yang memukau.

Bahkan depan kamar yang anda tempati viewnya sangat indah untuk melakukan swafoto. Beberapa penginapan di Togean memberikan fasilitas gratis penjemputan dari Wakai ke Penginapan. Namun sebelum melakukan pemesanan pastikan mereka punya fasilitas ini. Hal terpenting adalah memberikan informasi perkiraan jam kedatangan kalian di Wakai.

Fasilitas sinyal internet di togean sangat penting untuk upadate status. Ketika anda berada di Wakai sinyal masih lumayan kenceng bahkan masih dapet 4G untuk Indosat dan Telkomsel. Tapi beberapa meter meninggalkan Wakai maka bersiaplah untuk tidak mendapatkan sinyal. Namun saat ini fasilitas sinyal di togean sudah lumayan bagus.

Tempat penginapan di Togean terdapat di pulau-pulau kecil, sehingga di sana sulit menemukan warung dan ATM. Jadi sebaiknya persiapkan semua keperluan kalian di Ampana atau di Wakai.

Air dan Listrik di Togean terbatas. Listrik hanya hidup pukul 18.00-24.00 dan air sering habis terutama kalau pagi-pagi jadi harus dihemat-hemat ya airnya.

Hampir seluruh penginapan di Togean mengenakan tarif per orang bukan per room dan tarif tersebut biasanya sudah termasuk makan 3 kali sehari.

Waktu-waktu terbaik ke Togean sebenarnya adalah di bulan-bulan Maret-Oktober di luar bulan itu biasanya angin kencang dan hujan. Demikian artikel yang sempat ditulisakan sebagai panduan bagaimana cara mengunjungi Togean. Semoga bagi kalian tidak kebingungan lagi dan menghilangkan pertanyaan bagaimana cara menuju ke Togean.

Scroll To Top