Breaking News
Bagaimana Cara Mengunjungi Kota Palu

Bagaimana Cara Mengunjungi Kota Palu

Ads By Google

Cara Mengunjungi Kota Palu – Mengunjungi kota Palu sangat mudah, karena berbagai jenis transportasi dapat digunakan untuk berkunjung ke Kota Palu. Transportasi Udara sangat beragam, demikian pula Laut maupun darat. Khusus transportasi darat dapat dilalui dari arah Sulawesi Barat, Timur, Utara dan Selatan. Untuk menuju kota Palu, Anda bisa memilih moda transportasi darat, laut dan udara. Berikut ini adalah beberapa moda transportasi menuju Palu:

Cara Mengunjungi Kota Palu Melalui udara

Cara mengunjungi kota Palu menggunakan fasilitas Udara sangat mudah, karena banyak penerbangan menuju kota Palu. Anda dapat melihat langsung di daftar tiket pesawat menggunakan travel online seperti tiket pesawat traveloka. Penerbangan ke kota Palu akan mendarat di Bandara Internasional Mutiara SIS Aljufri (PLW).

Maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta – Palu antara lain:

  • Lion Air
  • Sriwijaya Air
  • Citilink
  • Garuda Indonesia



Harga tiket bervariasi tergantung maskapai penerbangan dan jenis kelas.

Transportasi dari dan ke bandara

Satu-satunya transportasi dari dan ke Bandara Mutiara SIS Aljufri (PLW) adalah dengan menggunakan taksi bandara dengan tarif sekitar Rp 40.000 dari dan ke pusat kota.

Cara Mengunjungi Kota Palu Melalui laut

Pelabuhan laut di kota Palu adalah Pelabuhan Pantoloan. Kapal laut yang melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok – Pelabuhan Pantoloan adalah sebagai berikut:

  • KM Kambuna (rute: Padang – Jakarta – Bitung)
  • Harga tiket: Rp 132.000 – 1.769.500
  • KM Kerinci (rute: Dumai – Jakarta – Nunukan)
  • Harga tiket: Rp 132.000 – 1.754.000
  • KM Nggapulu (rute: Jakarta – Jayapura)
  • Harga tiket: Rp 132.000 – Rp 3.120.500
  • KM Umsini (Jakarta – Palu)
  • Harga tiket: Rp 359.000 – Rp 1.862.000

(Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu)

Cara Mengunjungi Kota Palu Melalui Darat

Transpostasi melalui darat, dapat di tempuh dari Sulawesi Selatan kemudian melewati Sulawesi Barat, sedangkan dari arah utara dari Manado mealui Gorontalo. Sedangkan dari arah Selatan, masuk dari Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan. Dari arah Timur melalui kabupaten Luwuk Banggai masuk melalui Ampana, Poso dan kemudian sampai di Parigi dan setelah itu sampai di Kota Palu setelah melewati Kebun Kopi.

Menggunakan mobil pribadi sangat mudah, namun beberapa transportasi umum yang sangat tersedia dan berangkat setiap hari. Transportasi Umum seperti Liman dari Sulawesi Selatan, Harvest dari arah Manado, dan beberapa biro perjalanan umum meyediakan mobil travel tipe L 300.

Harga tiket menggunakan transportasi umum dari Makassar ke Kota Palu rata-rata sebesar Rp. 250.000,- sedangkan dari Manado ke Palu Sulawesi Tengah rata-rata sebesar Rp. 400.000.

Dmikian cara mengunjungi kota Palu, namun setelah sampai di Palu apa saja yang dapat dilakukan atau dinikmati?. Tentunya bagi yang mengunjungi kota Palu akan membutuhkan transportasi, dan fasilitas wisata. Berikut ini beberapa fasilitas yang ditawarkan.

Transportasi di Palu

Kota Palu menyediakan lima moda transportasi dalam kota yaitu: angkutan kota, bus, taksi,  ojek sepeda motor dan dokar.

Angkutan Kota (Angkot)

Angkot adalah alat transportasi utama di kota Palu. Saat ini, terdapat sekitar 800 angkot di kota Palu. Angkot di Palu lebih populer disebut Taksi. Uniknya, walaupun tiap angkot sudah memiliki trayek masing-masing, mereka bisa mengantar penumpang ke berbagai tujuan selama si sopir angkot bersedia.

Tarif untuk umum: Rp 4.000

Tarif untuk pelajar: Rp 3.000

(Tarif angkot bisa berubah sewaktu-waktu)

Bus

Bus di Palu biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang antar kota atau antar provinsi. Perusahaan-perusahaan bus yang beroperasi di Palu antara lain:

  • PO Harvest
  • PO Cahaya Bone
  • PO Andaria
  • PO Liman

Terminal bus di kota Palu yaitu Terminal Mamboro, Petobo dan Tipo.

Taksi

Taksi di Palu menggunakan sistem argo. Untuk membedakan dengan “taksi angkot”, masyarakat setempat menyebutnya “argo” yang mengacu pada argometer di setiap taksi.

Ojek sepeda motor

Ojek sepeda motor adalah alat transportasi alternatif. Anda bisa menemukan ojek sepeda motor di sudut-sudut perempatan jalan. Tarif ojek bervariasi tergantung pada jarak tempuh dan kesepakatan.

Dokar

Dokar adalah alat transportasi tradisional masyarakat Sulawesi Tengah. Saat ini, dokar hanya beroperasi di beberapa lokasi di kota Palu, khususnya di Palu Barat. Dokar adalah sarana transportasi yang biasanya digunakan oleh para wanita yang berbelanja ke pasar-pasar tradisional.

Mengunjungi Objek Wisata Kota Palu

Kota Palu memiliki beberapa objek wisata yang menarik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Jembatan Palu IV

Jembatan Palu IV yang merupakan ikon kota Palu terletak di Kelurahan Besusu dan Lere. Jembatan yang membentang di atas Teluk Talise ini menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat. Jembatan ini merupakan jembatan lengkung baja pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah jembatan di Perancis dan Jepang.

Saat berada di atas jembatan, Anda bisa melihat seluruh pemandangan kota Palu, mulai dari rumah-rumah warga, Sungai Palu, Teluk Palu dan pegunungan. Jangan lupa untuk berfoto atau mengabadikan gambar dari atas jembatan ini. Jembatan ini akan terlihat lebih indah di malam hari karena adanya lampu-lampu yang berwarna putih di setiap sudut jembatan.

Anda bisa naik angkot, argo atau ojek untuk mencapai lokasi wisata ini.

Pantai Talise

Mengunjungi kota Palu maka Pantai Talise menjadi pilihan yang menarik. Pantai Talise terletak di Jl. Rajamoili dan Jl. Cut Meutia, Kecamatan Palu Timur, kira-kira 2 km sebelah utara kota Palu. Pantai ini membentang dari kota Palu hingga Kabupaten Donggala yang terletak di ujung Teluk Palu.

Pantai ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Di pantai ini, Anda dapat menyaksikan hamparan teluk dan pegunungan yang indah. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, menyelam dan memancing. Ketika sore menjelang, menyaksikan matahari yang terbenam di balik Gunung Gawalise adalah kegiatan favorit pengunjung pantai ini.

Pantai Talise terletak di tengah kota Palu sehingga sangat mudah dicapai dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Lokasi pantai ini hanya berjarak 4 km dari Bandara Mutiara SIS Aljufri. Anda tidak perlu membayar tiket untuk memasuki objek wisata ini. Untuk mencapai lokasi wisata ini, Anda bisa naik angkot yang banyak terdapat di kota Palu.

Pantai Taman Ria

Pantai Taman Ria terletak di Jl. Rono, Kecamatan Palu Barat, sekitar 2 km dari pusat kota Palu.

Keindahan pantai ini adalah pemandangan pantai yang dikelilingi pegunungan dan kedai-kedai penjaja kuliner di sepanjang pantai. Kedai-kedai tersebut menjajakan makanan ringan, seafood dan hidangan khas Palu seperti kaledo, pisang bakar dan minuman sarabba.

Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, memancing atau menyaksikan permainan jetski. Selain itu, pantai ini menghadap ke timur sehingga sangat cocok untuk menikmati sunrise.

Lokasi objek wisata ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi dan angkutan umum karena letaknya di tengah kota Palu.

Tips Wisata di Palu



Berikut ini adalah beberapa tips wisata yang bermanfaat jika Anda mengunjungi kota Palu:

  • Mengunjungi kota Palu Sempatkan mencicipi makanan khas Palu yaitu Kaledo. Kaledo adalah sup kaki sapi yang dihidangkan dengan sepiring nasi hangat. Kedai terkenal yang menjajakan Kaledo adalah Kaledo Stereo yang berlokasi di Jl. Diponegoro No. 40. Kedai ini buka dari jam 09:00 – 22:00.
  • Jika Anda penggemar kerajinan kayu, sempatkan berbelanja kerajinan kayu hitam khas Palu seperti ukiran patung, alat musik dan kotak perhiasan. Toko-toko yang menjual kerajinan kayu hitam tersebar di beberapa lokasi antara lain di Jl. Ambo Edo No. 31, Jl. Sam Ratulangi No. 10 dan Jl. Sudirman No. 26.
  • Sempatkan membeli oleh-oleh bawang goreng khas Palu. Konon, bawang khas Palu bisa tumbuh di tempat lain tapi hasilnya tidak sebaik bawang yang ditanam di Palu. Salah satu toko yang menjual bawang goreng khas Palu adalah Toko Ole-ole Khas Palu Sal-han di Jl. Sis Aljufri. Harga sebungkus bawang goreng adalah Rp 10.000.

 

Scroll To Top