Breaking News

Bagaimana Cara Mengunjungi Kota Luwuk

Ads By Google

Bagaimana cara mengunjungi Kota Luwuk – Meskipun kota Luwuk tidak sebesar Ibu Kota Provinsi, namun Kota Luwuk menyimpan potensi wisata yang layak untuk di kunjungi. Berada di bagian timur Sulawesi Tengah, Kota Luwuk berjarak kurang lebih 610 KM dari Kota Palu. Kota dengan julukan Kota Air ini bisa menjadi reverensi kalian untuk berlibur jika sedang berada di Sulawesi Tengah. Apa saja tempat yang bisa kalian kunjungi di Kota Luwuk dan bagaimana agar dapat berkunjung di kota ini?

Luwuk adalah ibukota Kabupaten Banggai yang terletak di timur Propinsi Sulawesi tengah yang berjarak kurang lebih 610 KM dari Ibu Kota Sulteng, Kota Palu. Untuk menuju ke Kabupaten Banggai dapat ditempuh melalui transportasi darat, laut maupun udara. Dari Kota Palu ibukota Provinsi, menuju Luwuk ibukota Kabupaten Banggai dapat ditempuh melalui jalan darat memakai sarana perhubungan kendaraan umum yaitu bus-bus kecil dan sedang, atau dengan kendaraan carteran, menempuh jarak Palu – Luwuk sekitar 610 km, demikian pula dari Kota Makassar dapat ditempuh melalui jalur darat.

Bagaimana cara mengunjungi Kota Luwuk

Cara mengunjungi Kota Luwuk melalui Udara

Bagaimana cara mengunjungi Kota Luwuk dengan menggunakan maskapai penerbangan?. Bagi yang berminat menggunakan transportasi udara terdapat 4 perusahaan penerbangan (Garuda, Sriwijaya Air, Wings Air dan Express Air) yang melayani rute-rute penerbangan reguler setiap hari menuju Luwuk dari Palu, Makassar dan Manado. Harga tiket pesawat cukup bersaing dan tidak terlalu mahal karena beberapa maskapai telah masuk ke bandara Syukuran Aminuddin Amir. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 1.850 × 44 m. Jarak dari kota Luwuk sekitar 13 km.Bandar udara ini terletak di sebelah selatan dari pusat kota. Pesan melalui traveloka tiket pesawat menawarkan berbagai promo menggunakan Strategi mencari tiket pesawat murah promo dari Traveloka.



Cara mengunjungi Kota Luwuk melalui jalur laut

Cara mengunjungi Kota Luwuk, dengan menggunakan jalur laut. Pintu masuk melalui laut adalah melalui Pelabuhan Luwuk yang dilayani oleh kapal Pelni (KM.Tilong Kabila) dengan rute Luwuk ke Makassar dan Luwuk ke Bitung (Manado), serta melalui Pelabuhan Pagimana yang dilayani dengan kapal penyeberangan ASDP dengan rute Pagimana-Gorontalo. Luwuk juga menjadi akses poin utama bagi transportasi lanjutan menuju ke Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut yang dilayani dengan kapal penyeberangan maupun kapal angkutan rakyat yang tersedia setiap hari.

Cara mengunjungi Kota Luwuk melalui jalur darat

Menuju kota Luwuk mnggunakan angkutan darat dapat ditempuh dari dua arah, yaitu dari arah Morowali utara dan dari arah kota Palu. Dari arah kota Palu anda akan melewati bebera kabupaten yaitu yang pertama Kabupaten Parigi Moutong, Poso, dan Ampana. Menggunakan jalur darat dari Kota Palu membutuhkan waktu  selama 16 jam, dengan jarak tempuh sekitar 600 Km.  Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, maka dapat menggunakan travel, bus, atau menggunakan rental. Tarif yang ditawarkan cukup bervariasi, sekitar Rp. 250.000 – 350.000,-. Jika ingin lebih berhemat, Anda menggunakan angkutan umum berupa Bus dari terminal Mamboro dengan resiko waktu perjalanan semakin lama.

Tempat Wisata di Luwuk Sulteng – Pulau dua Luwuk

Pulau Dua ini memiliki pemadangan alami dengan ombak yang sangat indah. Pulau Dua menjadi maskot pariwisata Kabupaten Banggai. Meskipun sedikit sulit untuk dijangkau, namun tawaran keindahannya harus di kunjungi untuk pecinta alam ketika Anda berada di Luwuk.

Pulau cantik ini terletak di Kecamatan Balantak, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah dan menjadi maskot pariwisata dari Kabupaten Banggai. Belum banyak orang yang mengetahui tentang obyek wisata satu ini. Walaupun begitu, pulau ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah nan asri. Adanya gunung batu yang tumbuh dari bawah laut semakin menambah eksotisnya pulau ini. Belum lagi dengan suasana ketenangan dan kesejukan yang dimiliki pulau ini, sungguh merupakan tempat wisata yang tepat untuk melepas penat.

Pulau ini juga memiliki pantai yang ditumbuhi dengan banyaknya pepohonan nan hijau meski pasir pantai tidak terlalu putih dan juga tidak begitu halus. Bagi Anda pecinta snorkeling maupun diving, tempat ini sangat cocok untuk Anda. Namun jangan lupa untuk membawa sendiri peralatan tersebut karena di tempat ini tidak disediakan jasa sewa perlengkapan diving maupun snorkeling. Untuk makanan dan minuman pun ada baiknya bila Anda membawa bekal sendiri.

Air laut yang jernih ditambah dengan keanekaragaman hayati bawah lautnya tentu akan menarik minat Anda. Hal ini akan menjadi semakin menarik karena Anda akan menemukan berbagai jenis terumbu karang berukuran besar yang masih hidup di surga bawah lautnya. Pulau ini memang tidak berpenghuni, jadi jangan kaget bila Anda tidak menemukan hotel, rumah makan maupun sinyal telepon seluler di sini. Namun bila Anda ingin menginap, disediakan beberapa penginapan sederhana yang bisa Anda temukan di kota Kecamatan Balantak.

Dari Luwuk, Anda melanjutkan dengan perjalanan darat. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, maka dapat menyewa travel dengan harga Rp 350.000/hari. Jika ingin lebih berhemat, Anda menggunakan angkutan umum dari terminal luwuk dengan resiko waktu perjalanan semakin lama.

Jarak dari Luwuk ke Pulau Dua sekitar kurang lebih 150 kilometer dengan waktu tempuh 3 jam. Selama perjalanan, Anda melewati perbukitan dan juga rawa – rawa. Selain itu, Anda akan melewati kampung nelayan yang terletak cukup dekat sekali dengan Pulau Dua. Disarankan bagi Anda untuk tidak melakukan perjalanan pada malam hari, karena masih minimnya penerangan.

Scroll To Top